Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap Pagi, 2 Polisi Tuban Berjoget Pakai Topeng Badut di Jalan

Kompas.com - 25/07/2016, 05:48 WIB

TUBAN, KOMPAS.com - Polisi lalu lintas di Tuban memiliki cara unik dalam mengampanyekan tertib lalu lintas.

Seperti yang dilakukan anggota Polsek Rengel, Tuban. Mereka berjoget dengan memakai topeng badut di tengah jalan hanya untuk mengampanyekan tertib berlalu lintas kepada para pengendara. Musik dangdut dan remix mengiringi polisi badut menggoyangkan badannya.

Masyarakat yang melintas di depan Mapolsek Rengel bisa melihat pemandangan tersebut di setiap pagi hari.

Dua anggota polsek membawa selembar kertas berisi tulisan yang dilekatkan di papan triplek.

Tulisan tersebut berbunyi pesan kampanye agar pengendara selalu memperhatikan peralatan kendaraan.

"Gunakan Kelengkapan Sepeda Motor", "Pakai Helm SNI", "Jangan Lupa Bawa Surat-surat Kendaraan". Begitu bunyi tulisan di beberapa lembar kertas yang dibawa.

Polisi lainnya menyampaikan pesan melalui pengeras suara kepada para pengendara agar tertib berlalu lintas, khususnya mengenakan helm kepada anak-anaknya saat dibonceng.

“Kami melakukan ini dalam rangka kampanye keselamatan dalam berkendaraan. Fenomena tahun ajaran baru, identik dengan kendaraan baru, khususnya para pelajar baik dari SD, SMP, maupun SMA,” kata AKP Musa Bachtiar, Kapolsek Rengel, dikutip Surya Online, Minggu (24/7/2016).

Menurut Musa, aksi badut polisi ini bertujuan mengantisipasi supaya tidak terjadi kecelakaan dengan cara memberikan imbauan. Badut itu bertugas memberikan pengetahuan dan pemahaman arti penting keselamatan berlalu lintas.

“Kami juga membagikan cokelat bagi pengendara yang tertib, sedangkan yang tidak tertib kami berikan teguran,” ungkapnya.

Sementara itu, di Tuban, hampir setiap hari ada warga yang terlibat kecelakaan lalu lintas. Pihak kepolisian lalu lintas Tuban menyebut, faktor manusia sebagai penyumbang terbesar kecelakaan.

Dari tahun ke tahun, jumlah kecelakaan meningkat. Pada tahun 2014, ada sekitar 900-an kecelakaan. Tahun 2015, ada 1100-an kecelakaan. Sementara, pertengahan bulan ini sudah lebih dari 70-an kecelakaan.

“Secara jumlah (kecelakaan) meningkat. Faktor utama kecelakaan adalah manusia karena lalai di jalan,” sebut AKP Dhyno Indra Setiyadi, Kasatlantas Polres Tuban.

Berita ini sudah tayang di Surya Online, Minggu, 24 Juli 2016 dengan judul Lihat, Begini Tingkah Polisi di Tuban, Bagaimana Menurut Anda?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com