Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Janji kepada Leluhur, Tak Ada Kata Takut pada Erupsi Bromo

Kompas.com - 21/07/2016, 09:22 WIB
Achmad Faizal

Penulis

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Upacara Yadnya Kasada dimaknai sebagai janji warga Suku Tengger kepada leluhurnya untuk Gunung Bromo.

Oleh karena itu, upacara yang digelar setiap tanggal 14-15 malam Purnama Bulan Kasada itu akan tetap digelar meski Bromo sedang mengalami erupsi.

"Warga Tengger adalah warga yang menjunjung tinggi nilai-nilai leluhur. Yadnya Kasada adalah janji warga Tengger kepada leluhurnya," kata Supoyo, tokoh Suku Tengger Bromo, usai resepsi Yadnya Kasada di balai Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (20/7/2016).

Perayaan Kasada di tengah erupsi juga sudah pernah dilakukan oleh warga Tengger di 2014 lalu.

"Warga Tengger memahami erupsi sebagai siklus, warga Tengger sudah sangat akrab dengan Bromo, jadi tidak perlu takut erupsi," ujarnya.

Untuk erupsi tahun ini, warga Tengger sudah sepakat dengan pihak terkait seperti BPBD dan pengelola Taman Bromo Tengger Semeru (TNBTS) untuk membatasi pengunjung hingga radius 1 kilometer dari bibir kawah. Warga yang diperbolehkan masuk hanya yang warga yang melakukan sesaji.

Usai resepsi Kasada, ratusan warga Tengger mulai berangkat menuju Pura Luhur Poten di lautan pasir Bromo dengan berjalan kaki. Di bawah rintik hujan, mereka membawa sesaji hasil bumi untuk dilarang di kawah Gunung Bromo.

(Baca juga: Pasar Dadakan Digelar di Lautan Pasir Bromo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com