Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Erupsi Bromo, Garuda Indonesia Tujuan Malang Mendarat di Sidoarjo

Kompas.com - 20/07/2016, 10:02 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Penerbangan pesawat Garuda Indonesia GA290 tujuan Jakarta - Malang dialihkan, Rabu (20/7/2016).

Pesawat yang harusnya mendarat di Bandara Abdulrachman Saleh Malang itu dialihkan ke Bandara Juanda Surabaya. Alasannya, pihak maskapai Garuda Indonesia melakukan antisipasi terhadap adanya erupsi Gunung Bromo.

Meski demikian, Bandara Abdulrachman Saleh Malang masih beroperasi.

"Antisipasi khawatir dengan erupsi Bromo," kata salah seorang petugas Costumer Service Garuda Indonesia saat dihubungi, Rabu pagi.

Sementara itu, Kepala UPT Bandara Abdulrachman Saleh Suharno mengatakan, hari ini tidak ada penutupan bandara. Aktivitas bandara tetap seperti biasanya.

"Kami masih open. Bandara masih operasi normal," katanya.

Soal adanya pengalihan yang dilakukan maskapai Garuda Indonesia, dia menyebut sebagai antisipasi erupsi Gunung Bromo yang masih terus dilakukan.

"Cuma antisipasi. Garuda itu antisipasi jadi dialihkan," ucapnya.

Menurut dia, penerbangan menuju dan dari Bandara Abdulrachman Saleh dalam kondisi aman. Maskapai penerbangan Citilink jurusan Jakarta-Malang baru saja mendarat dengan normal. Dia mengaku selalu memonitor kondisi bandara dan Gunung Bromo yang terus mengeluarkan abu vulkanik.

"Kami monitor terus. Bandara monitor, Bromo juga monitor," ucapnya.

Berdasarkan laporan rutin dari Pos Pantau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Bromo, hari ini cuaca di gunung dengan ketinggian 2.329 Mdpl itu cerah-mendung dan angin tenang.

Gunung Bromo tampak jelas berkabut. Asap kawah teramati putih kelabu kecoklatan kondisi tipis-tebal. Tekanan lemah-kuat dan tinggi asap berkisar 100 - 1000 meter dari puncak kawah ke arah barat daya. Gempa tremor maksimal 0,5 - 7 milimeter, dominan 1 milimeter.

Hingga saat ini, status Gunung Bromo masih waspada. Warga dan wisatawan dilarang memasuki kawasan dalam radius satu kilometer dari kawah aktif Gunung Bromo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com