Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Berburu Hal Positif "Pokemon Go" untuk Bandung

Kompas.com - 15/07/2016, 18:37 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Demam permainan Pokemon Go turut menjalar hingga Bandung, Jawa Barat. Menanggapi itu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menginginkan sisi positif dari permainan game tersebut, khususnya bagi warga Kota Kembang.

Menurut Ridwan, setiap inovasi teknologi memiliki nilai plus dan minus sehingga disikapi dengan bijaksana. Permainan Pokemon Go, misalnya, bisa berdampak positif bagi masyarakat.

"Plusnya membuat orang mau keluar rumah, apalagi Bandung mah enak bisa jalan kaki. Kita pikirin juga, barangkali nanti bisa jadi sesuatu yang positif," ucap Ridwan di Balai Kota Bandung, Jumat (15/7/2016).

Meski demikian, ia mengingatkan bahwa berburu Pokemon tidak boleh melanggar ruang pribadi. Hal itu menjadi salah satu hal yang harus dicermati dan disikapi secara dewasa.

Pokemon Go adalah permainan yang mengombinasikan antara animasi klasik dengan augmented reality (AR) di mana pemain memungkinkan berjalan di kehidupan nyata untuk mencari aneka karakter Pokemon lewat layar telepon pintar.

"Negatifnya, kalau di luar negeri mah, masuk ke halaman rumah orang," ucap Emil, sapaan Ridwan.

Hingga kini Emil belum pernah mencoba permainan buatan Niantic dan Pokemon Company tersebut.

Ia berpendapat bahwa permainan tersebut tidak perlu dipermasalahkan selama para pemain bermain di ruang publik dan tidak melanggar privasi.

"Kriterianya jangan masuk ruang pribadi dan mengganggu aktivitas publik lain. Kalau terlanggar, enggak boleh. Menarik ya, saya lagi belajar teknologinya. Insya Allah saya cobain," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com