Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pawai 10.000 Obor Meriahkan Malam Takbiran di Siantar

Kompas.com - 05/07/2016, 23:45 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com - Pematangsiantar menggelar pawai 10.000 obor dalam rangka malam takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri 1437 H, Selasa (5/7/2016) malam.

Pawai yang dilepas Pejabat Wali Kota Pematangsiantar, Jumsadi Damanik di depan Balai Kota, diawali dengan penyalaan api obor oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pematangsiantar, M Ali Lubis kepada Jumsadi.

Sebelum melepas dan turut serta berjalan kaki bersama ribuan umat, Jumsadi mengajak seluruh warga Pematangsiantar untuk merayakan hari kemenangan dari Allah SWT dengan penuh sukacita dan kedamaian.

Dengan kemenangan melalui puasa selama sebulan, dia juga mengajak seluruh umat Muslim menjadi umat yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT.

“Kita telah berpuasa selama 30 hari dan malam ini kita merayakan hari kemenangan. Mari seluruhnya kita kumandangkan Allahu Akbar... Allahu Akbar pertanda kemenangan kita yang dari Allah SWT. Mari kita tingkatkan ketaqwaan dan keimanan kita kepada Allah,” katanya seraya mengangkat bendera pertanda pawai 10.000 obor dimulai.

Pawai yang mengitari inti kota Jalan Merdeka dan Jalan Sutomo ini mendapat pengawalan ketat aparat Polres Pematangsiantar.

Di depan peserta pawai obor dipandu mobil vooreders Polres setempat yang disusul barisan Pj Wali Kota dan Forkopimda.

Di belakangnya ada mobil khusus pengeras suara pengumandang takbir yang disusul pasukan TNI/Polri dan Pramuka.

Selanjutnya adalah barisan masing-masing kontingen kecamatan, mahasiswa, para organisasi Islam, perusahaan daerah/BUMD, serta masyarakat umum bahkan anak-anak.

Semuanya bergembira sembari berjalan memegang obor yang menyala sepanjang perjalanan.

Tak mau ketinggalan, masyarakat yang selama ini sudah terbiasa dengan pawai kendaraan pun tetap turut ambil bagian di barisan belakang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com