Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelabuhan Belawan Sediakan Bus Gratis untuk Pemudik

Kompas.com - 02/07/2016, 12:21 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Manajemen Pelindo 1 menyediakan empat unit bus gratis untuk mengantar penumpang yang tiba di Pelabuhan Belawan ke dua terminal terbesar di Kota Medan yaitu terminal Amplas dan Pinang Baris.

Fasilitas bus ini disediakan untuk mendukung kelancaran arus mudik, memudahkan para penumpang kapal mencapai daerah dan kota tujuan selanjutnya.

“Kita sediakan bus gratis, ini bentuk kontribusi Pelindo 1 kepada masyarakat yang sedang melaksanakan mudik di Pelabuhan Belawan. Kita juga menyediakan tujuh angkutan gratis di Pelabuhan Sei Kolak Kijang tujuan Tanjung Pinang,” kata Direktur Bisnis Pelindo 1 Syahputra S, Sabtu (2/7/2016).

Selain angkutan gratis, lanjut Syahputra, pihaknya juga menyiapkan fasilitas pendukung di seluruh terminal penumpang milik Pelindo 1, seperti di terminal penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan dan terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Balai Karimun.

Di terminal penumpang Bandar Deli saat ini sudah dilengkapi dua unit garbarata yang akan memudahkan penumpang naik dan turun dari kapal menuju dermaga.

Selain itu, di terminal penumpang berarsitektur modern tersebut dilengkapi berbagai fasilitas lain seperti, guesthouse, ruang tunggu VIP dan ekonomi, ruang ibu menyusui, balai kesehatan, ruang merokok, ruang kedatangan dan anjungan, ruangan shalat, toilet, pemadam kebakaran, alat penyelamat kecelakaan di air, dan lainnya.

Terminal penumpang Bandar Deli mampu menampung 2.500 orang yang telah terkoneksi langsung dengan angkutan darat.

Di masa depan, terminal penumpang ini juga akan terkoneksi dengan stasiun kereta api. Dan,  saat ini sudah tersedia disediakan jembatan penyebarangan orang (JPO) bagi penumpang yang akan menuju stasiun kereta api.

Fasilitas embarkasi dan debarkasi juga disiapkan seperti dermaga khusus untuk kapal penumpang, gedung terminal penumpang dan ruang pengantar-jemput maupun ruang informasi, lapangan parkir, lengkap dengan rambu-rambu penunjuk arah.

"Untuk mengawasi angkutan lebaran tahun ini, akan dibentuk posko monitoring dan tim pemantau kesiapan pelayanan di setiap cabang pelabuhan. Ini posko bersama, beranggotakan kesyahbandaran, otoritas pelabuhan, Pelindo 1, Polri, TNI AL, bea cukai, karantina, imigrasi dan kesehatan pelabuhan," papar Syahputra.

Tim ini bertugas memantau kegiatan embarkasi dan debarkasi, memantau bongkar muat barang, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, kegiatan pusat pengendalian lalu lintas, pusat informasi serta pelaporan.

Tim gabungan ini sudah bertugas sejak 18 Juni hingga 24 Juli 2016. mendatang.

ACS Humas Pelindo 1 Fiona Sari Utami menambahkan, Pelindo 1 tidak hanya memastikan kesiapan seluruh fasilitas untuk kelancaran arus barang, tapi juga memastikan keamanan dan keselamatan penumpang.

“Pelindo 1 terus melakukan koordinasi dengan pihak regulator mengenai batas izin toleransi kelebihan kapasitas penumpang kapal sekaligus pengaturan kendaraan dan antisipasi tindakan kriminal dalam rangka mewujudkan zero accident,"  kata Fiona.

" Kami Berkoordinasi dengan perusahaan pelayaran agar kapal penumpang tidak sandar pada malam hari, memberikan proritas sandar bagi kapal penumpang, hewan ternak, kebutuhan pokok dan BBM, dan mengkoordinasikan adanya penambahan moda angkutan lanjutan pada Pelabuhan Belawan dan Sei Kolak Kijang,” tambah Fiona.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com