Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Kapal Laut Disambut Bus Gratis di Pelabuhan Tanjung Perak

Kompas.com - 29/06/2016, 20:05 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemudik kapal laut yang turun di pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Rabu (29/6/2016) siang, seperti dimanjakan. Turun dari kapal, mereka disambut angkutan bus gratis dengan tujuan baik dalam kota maupun luar kota.

Bus gratis tujuan luar kota disediakan PT Pelindo III dengan tujuan empat rute ke sejumlah daerah di Jawa Timur, dari Pasuruan-Probolinggo-Lumajang-Jember, Mojokerto-Jombang-Ngajuk-Madiun, Kediri-Tulungagung-Trenggalek, serta Lamongan-Bojonegoro-Cepu. 

"Setiap hari akan ada 10 bus yang disediakan gratis. Waktunya hanya terbatas sejak H-7 hingga H-1 sebelum Hari Raya Idul Fitri," kata Direktur Operasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo III, Rahmat Satria.

Sementara untuk bus jurusan dalam kota disediakan Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Jawa Timur. Puluhan bus tersebut hanya melayani rute Pelabuhan Tanjung Perak menuju ke terminal Purabaya Bungurasih.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, banyak penumpang yang baru turun dari kapal bingung, karena banyak yang menawarinya bus gratis. 

Sulton, penumpang kapal asal Jayapura mengaku bingung akan naik bus yang mana, karena dia dan empat anggota keluarganya akan mudik ke Sragen, Jawa Tengah.

"Masih bingung mau naik bus yang mana," katanya.

Dia lantas mendaftar setelah diarahkan petugas ke bus gratis jurusan Madiun. Dari Madiun, dia diarahkan menaiki bus jurusan Sragen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com