Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Para Penggila Bola Berbagi Karpet dan Al Quran ke Masjid Terpencil...

Kompas.com - 22/06/2016, 16:06 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk berbagi selama bulan penuh berkah ini. Salah satunya seperti dilakukan oleh anak-anak muda dalam komunitas pencinta bola ini. Mereka membagi-bagikan karpet dan Al Quran ke sejumlah masjid di Polewali Mandar, terutama masjid terpencil yang berada jauh di pedalaman.

Kegiatan sosial ini dilakukan secara rutin setiap Ramadhan sejak beberapa tahun terakhir. Pelaksananya komunitas pencinta bola bernama Pena Real Madrid de Indonesa Regional Polewali Mandar.

Para penggemar klub sepak bola Real Madrid asal Spanyol itu mendatangi masjid-masjid terpencil yang belum memiliki fasilitas memadai.

Salah satunya adalah Masjid Al Ikhtiar, di lingkungan Kiri-kiri, Kelurahan Darma, Kecamatan anreapi, Polewali Mandar. Di masjid tersebut, pencinta El Real menyerahkan dua karpet dan sejumlah Al Quran besar.

Pengurus masjid menyambut gembira dan berterima kasih atas sumbangan itu. Mereka menilai bahwa bantuan tersebut sangat bermanfaat dan menunjang aktivitas ibadah para jemaah masjid.

"Semoga kegiatan amal ini mendapat berkah kepada jemaah mesjid dan donatur tentunya. Amin," ujar Saya Rahman, pengurus Masjid Al Ikhtiar.

Sumbangan juga diberikan kepada Masjid Miftahul Khairs di puncak pegunungan Papandangan, Polewali Mandar. Bantuan untuk masjid ini berupa dua buah karpet dan sejumlah Al Quran untuk dimanfaatkan beribadah.

Ketua Panitia Zulkifli Ali mengatakan, bakti sosial ini merupakan inisiasi dari para anggota komunitas yang bermarkas di Warkop Kapeka, Jalan Haji Andi Depu, tersebut. Pada tahun sebelumnya, mereka membagikan paket bahan pokok dan buka bersama dengan anak yatim. Sumber dana berasal dari kalangan donatur.

"Kegiatan amal yang dilakukan anak-anak muda pencinta bola di Polewali Mandar ini rutin kita lakukan sejak beberapa tahun terakhir. Kami berharap bantuan sosial ini bisa memberi manfaat kepada para jemaah mesjid," kata Zulkifli.

Zulkifli bersyukur karena donatur memercayakan sumbangan itu kepada mereka untuk disalurkan kepada masjid-masjid.

Para pencinta sepak bola itu berharap, dengan adanya bantuan ini, masjid-masjid yang berada jauh dari kota bisa beribadah denga khusuk.

Mereka juga berharap agar pemerintah memberi perhatian yang sama terhadap setiap mesjid, terutama di pedalaman, agar warga bisa berbibadah lebih baik dengan fasilitas yang ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com