Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Ajak Warga Bandung Peduli Orang Sakit melalui Wecare.id

Kompas.com - 15/06/2016, 13:48 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengajak warga Bandung untuk menyalurkan donasi kesehatan melalui situs web wecare.id/bandung. Laman maya ini merupakan bagian dari wecare.id dan khusus untuk menggalang dana bagi orang sakit.

Website itu menjadi wadah gerakan crowdfunding yang menyasar warga sakit di Kota Bandung, tetapi belum memiliki asuransi kesehatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

"Website ini memuat data warga Bandung yang butuh bantuan dana untuk pengobatan karena belum punya BPJS," kata Ridwan, Rabu (15/6/2016) di Bandung.

Di laman tersebut, setiap orang bisa merekomendasikan penerima bantuan dengan syarat pasien tercatat sebagai warga ber-KTP Kota Bandung dan belum punya BPJS.

"Nanti, foto-foto pasien akan di-posting di website tersebut untuk dicarikan donatur-donatur pembiayaan," kata Emil.

Melalui situs tersebut, setiap warga Indonesia dapat melihat pasien mana yang bisa ditolong, kemudian menyumbangkan dana sesuai kemampuan dan kebutuhan.

Pelapor tidak melulu orang yang sakit dan perlu dibantu, tetapi siapa saja yang merasa iba terhadap pasien.

Ridwan berpendapat, website ini dapat mengasah kepekaan warga Bandung secara online.

Program itu mendapat apresiasi positif dari masyarakat. Sejak program ini digagas, sedikitnya ada 15 warga Kota Bandung yang membutuhkan pembiayaan kesehatan dan terdaftar di wecare.id/bandung.

Beberapa pasien telah mendapat donatur untuk biaya kesehatannya. Pasien yang telah mendapat penanganan melalui website ini nantinya bakal dibuatkan kartu BPJS agar ke depan mereka bisa berobat secara mandiri.

"Wecare ini membantu masyarakat yang betul-betul butuh layanan kesehatan diketahui oleh publik. Wecare.id/bandung ini meminta rasa kemanusiaan warga secara online," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com