Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Kabupaten di Maluku Belum Terima Dana Desa

Kompas.com - 31/05/2016, 16:37 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Ratusan desa di tiga kabupaten di Maluku hingga kini belum menerima kucuran dana desa tahun 2016. Ratusan desa itu tersebar di kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Maluku Barat Daya, dan Kabupaten Seram Bagian Barat.

Gubernur Maluku Said Assagaff mengatakan, hingga saat ini baru tujuh daerah yang telah mendapatkan kucuran dana desa. Penyaluran tahap I sebesar 60 persen telah dilaksanakan pada April 2016.

Ketujuh daerah itu adalah Kota Ambon dan Tual serta Kabupaten Maluku Tengah, Buru, Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat, dan Kepulauan Aru. Adapun Kabupaten Seram Bagian Timur akan mendapat kucuran dana pada bulan ini.

"Untuk dana desa yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2016 sebesar Rp 754.638.987.000 itu dialokasikan untuk 1.198 desa di 11 kabupaten/kota," kata Said di kantor Gubernur Maluku, Selasa (31/5/2016).

Pada tahun 2015, Provinsi Maluku mendapat anggaran dana desa sebesar Rp 334.004.517.000. Sebanyak 98,7 persen dari dana tersebut telah cair, masing-masing 40 persen untuk pencairan tahap I dan II serta sebesar 20 persen untuk tahap III.

"Saya berharap kepada pemerintah kabupaten/kota agar dapat memperhatikan hal tersebut, sehingga penyaluran dana desa tidak tertunda dan tepat waktu," ujar Said.

Mengingat alokasi dana desa sangat besar, Said meminta kepada para kepala desa untuk benar-benar memanfaatkan dana tersebut dengan baik dan benar sesuai aturan yang berlaku. Dengan begitu, ketika mereka nantinya memperoleh anggaran yang lebih besar, maka akan terbiasa dan mudah mempertanggungjawabkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com