Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jatuh di Kamar Mandi hingga Lumpuh, TKI Asal Lampung Meninggal di Arab Saudi

Kompas.com - 18/05/2016, 19:29 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Istiqomah (28),  tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Lampung Timur meninggal di Arab Saudi, setelah sakit akibat terjatuh di kamar mandi.

Menurut keterangan keluarga korban, Rebeka Umi Kalsum, pihaknya pada 29 April 2016 lalu menerima kabar, bahwa Istiqomah terjatuh dari kamar mandi majikannya hingga menyebabkan kelumpuhan. Menurut keterangan rekannya yang di Arab Saudi, Istiqomah hanya mampu berbicara terbata-bata.

"Kemudian tanggal (13/5/2016) kakak saya rencananya mau dipulangkan tetapi batal diberangkatkan karena saat itu kondisinya kritis," katanya Rabu (18/5/2016).

Lalu Istiqomah kembali dirawat di rumah sakit setempat untuk pemulihan kesehatannya. Namun sayang, nyawa Istiqomah tak tertolong dan dia meninggal pada malam harinya.

"Kami sendiri masih sangsi dengan penyebab kematiannya, karena belum ada informasi yang jelas kondisi kesehatannya," katanya lagi.

Sekitar sebulan dari jatuhnya Istiqomah dari kamar mandi majikannya, drastis kondisi tubuhnya kurus dan memprihatinkan.

"Kami mengharapkan jenazah kakak kami segera dipulangkan biarkan dia dimakamkan di sini apapun kondisinya," tuturnya.

Setelah meninggal, pemulangan jenazah Istiqomah (28), ternyata tidak lancar, lantaran dia tidak memiliki dokumen lengkap.

Rebeka menyebutkan, keterangan dari kedutaan besar RI di Arab Saudi anggota keluarganya itu baru bisa dipulangkan setahun ke depan.

"Katanya kakak saya TKI over stay dan membutuhkan waktu lama untuk mengurus dokumen pemulangan jenazah ke tanah air," kata dia.

Lebih lanjut Rebeka mengatakan, kalaupun mau dikembalikan ke tanah air, menurut KBRI di Arab Saudi mengatakan pihak keluarga harus mengeluarkan biaya puluhan juta.

Istiqomah sebelumnya berangkat ke Arab Saudi pada tahun 2008 sebagai TKI.

"Kami sekeluarga sempat kehilangan kontak dengan mbak Istiqomah," kata Rebeka.

Pada tahun 2012 Istiqomah lari dari majikannya karena ingin dinikahkan. Istiqomah sebelumnya menceritakan pindah bekerja dengan majikan yang baik.  Dia meninggal di rumah majikannya yang disebut-sebut baik tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com