Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Ganja, Desa-desa di Lamteuba Bisa!

Kompas.com - 13/05/2016, 16:07 WIB

KOMPAS.com - Desa-desa di pegunungan Kemukiman Lamteuba, Kabupaten Aceh Besar di Provinsi Aceh pernah sohor sebagai wilayah perkebunan ganja terbesar di Indonesia. Saat berkunjung ke Kemukiman Lamteuba pada Minggu (8/5/2016), Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) Marwan Jafar mendapat informasi bahwa luas perkebunan ganja di situ mencapai 58 hektar.

Tak cuma itu, lahan di kemukiman itu terbilang subur.Lokasinya pun dekat dengan Banda Aceh, ibu kota Provinsi Aceh, tulis rilis dari Kemendesa PDTT yang diterima Kompas.com pada Jumat (13/5/2016).

Nah, masalahnya, ganja adalah narkotika! Di Indonesia, undang-undang melarang penanaman ganja.

Lantaran itulah, kata Menteri Marwan, desa-desa yang tadinya menjadi lahan ganja bisa diubah menjadi lahan bagi tanaman herbal. "Desa-desa yang pernah menjadi lokasi perkebunan ganja seperti di Kemukiman Lamteuba ini, tidak boleh didiskriminasi. Justru desa-desa ini harus kita dorong untuk menjadi desa yang lebih produktif," ujarnya.

Menteri Marwan menambahkan masyarakat di kemukiman itu bisa bekerja sama dengan Ikatan Alumni Kedokteran Universitas Syiah Kuala (IAKU) untuk pengembangan tanaman herbal. "Bisa saja desa yang tadinya disebut-sebut sebagai desa ganja diubah menjadi desa herbal dengan tanaman-tanaman herbalnya," kata Marwan Jafar.

Terkait hal tersebut, Menteri Marwan juga mengimbau kepada IAKU terus memperhatikan kesehatan masyarakat setempat. Ia berharap, keberhasilan dalam membangkitkan desa di Kemukiman Lamteuba dapat menjadi rujukan nasional. "Masyarakat Aceh harus maju, harus sejahtera dan terpenuhi hak-haknya. Manfaatkan juga dana desa dengan sebaik-baiknya. Lepaskan image desa ganja, dan buktikan kalau kita mampu menjadi desa yang produktif," ujarnya.

 Kemukiman Lamteuba terdiri dari delapan desa yakni Desa Ateuk, Blangtingkeum,  Lam Apeng, Lambada, Lampantee, Lamteuba Droe, Meurah, dan Pulo. Kemukiman ini akan dibina oleh IAKU, untuk melepaskan Lamteuba dari status desa tertinggal dan menjadi desa yang sadar akan pentingnya kesehatan. Tanpa ganja, desa-desa di Lamteuba bisa!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com