Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Arisan Jamban di Pulau Enggano

Kompas.com - 09/04/2016, 18:09 WIB
Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Relawan Nusantara Sehat yang mengemban misi kesehatan di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu menggelar arisan jamban untuk warga.

"Arisan jamban ini berangkat dari keprihatinan bersama dengan tidak adanya tempat mandi, cuci, kakus (MCK) permanen di Pulau Enggano," kata Kordinator Pelaksana Kegiatan Bina Desa, Elza Puspita Sari.

Ini merupakan strategi agar masyarakat yang sebelumnya telah diberi pentingnya jamban permanen memiliki jamban secara permanen.

Sejauh ini telah ada sekitar 30 kepala keluarga yang mengikuti program arisan jamban di Pulau enggano terkhusus di Desa Banjarsari. Sedangkan target sasaran program yakni masyarakat yang dianggap kurang mampu untuk terlibat dalam program.

Lebih jauh dikemukakan Elza, saat ini dengan dibuatnya arisan jamban merupakan salah satu rencana tindaklanjut dari program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang fokus pada kesehatan lingkungan masyrakat Enggano.

Relawan Nusantara Sehat merupakan program Kementerian Kesehatan melibatkan puluhan pemuda yang berasal dari seluruh Indonesia program tahun 2016. Tim relawan ini tidak saja bekerja membantu masyarakat di bidang kesehatan namun juga bidang pendidikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com