Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aparat TNI Musnahkan 162 Kilogram Ganja di Jayapura

Kompas.com - 06/04/2016, 09:38 WIB
Fabio Maria Lopes Costa

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Aparat Komandan Korem 172/Praja Wira Yakti bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi Papua memusnahkan 162 kilogram ganja kering di Makorem Korem 172/Praja Wira Yakti, di Jayapura, Rabu (6/4/2016).

Upaya pemusnahan dipimpin langsung Danrem 172/Praja Wira Yakti Kolonel Inf Sugiyono bersama Kepala BNN Provinsi Papua Kombes Pol Jackson sekitar pukul 08.00 WIT.

Selain ganja, aparat juga menggunakan alat berat menghancurkan 1.600 botol minuman keras dari berbagai merek.

Sugiyono mengatakan, 90 persen dari 162 kilogram ganja yang dimusnahkan berasal dari wilayah Papua yang berbatasan dengan Papua Niugini.

"Ratusan kilogram ganja ini didapatkan anggota TNI yang menjadi Satgas Pengamanan Perbatasan selama enam bulan terakhir," kata Sugiyono.

Ia pun menuturkan, 162 kilogram ganja berasal dari tiga ladang dengan total luasan lahannya mencapai 2,8 hektar.

"Saat ini seluruh pelaku telah diserahkan kepada pihak kepolisian. Modus yang digunakan para pelaku biasanya ganja disembunyikan dalam sol sepatu, handphone, dan celana dalam," tuturnya.

Ia pun menambahkan, 1.600 botol minuman keras yang dimusnahkan terdiri atas tiga kategori, yakni kadar alkohol 5 persen, kadar alkohol 10-20 persen, dan kadar alkohol 20-40 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com