Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Bandang, Warga Sukabumi Minta Jembatan Segera Diperbaiki

Kompas.com - 15/03/2016, 21:41 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Masyarakat meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi, Jawa Barat segera kembali membangun atau memperbaiki sejumlah jembatan yang rusak diterjang banjir bandang di Nyalindung dan Jampang Tengah.

Permintaan tersebut disampaikan sejumlah warga di Kecamatan Nyalindung. Pasalnya di wilayah tersebut terdapat empat jembatan yang rusak dan hanyut terbawa luapan Sungai Citalahab dan Sungai Cimenga.

Jembatan tersebut menghubungkan warga antar sejumlah kampung di tiga desa. Di antaranya Desa Bojong Sari, Bojong Kalong dan Sukamaju. Keempat jembatan itu meliputi jembatan gantung yang hanya bisa dilintasi sepeda motor dan jembatan di jalan desa yang bisa dilintasi mobil.

Baca juga: Jembatan Hanyut, Warga Sukabumi Bertaruh Nyawa Menyeberang Sungai Citalahab

''Kami ingin segera jembatan ini kembali dibangun, karena tidak ada alternatif jalan atau jalan lain untuk keluar dari kampung kami. Hanya jembatan ini satu-satunya,'' kata Ketua RT Kampung Cipiit, Hermawan kepada Kompas.com di Desa Bojong Sari.

Hal senada diungkapkan Fauzi warga Kampung Tanggeung meminta agar perbaikan jembatan di jalan yang menghubungkan tiga desa segera diperbaiki. Karena jembatan tersebut merupakan sarana transportasi utama bagi masyarakat.

''Kami masyarakat sangat berharap agar pemerintah secepatnya memperbaiki jembatan ini. Sekarang kami secara bergotong royong berupaya membuat jembatan darurat. Namun tidak bisa dilintasi mobil, paling hanya motor,'' kaya Fauzi di sela kerja bakti memperbaiki jembatan di atas Sungai Citalahab.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami berjanji sedang berupaya mempercepat pembangunan jembatan yang rusak dan hanyut diterjang banjir bandang. Dia sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum, kecamatan, hingga desa.

''Pembangunan atau perbaikan jembatan yang rusak ini sudah kami koordinasikan. Bahkan pembahasan sudah ke teknis, dan saya sudah menugaskan tim teknis untuk meninjau semua lokasi,'' kata Marwan kepada wartawan, Selasa (15/3/2016).

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan bencana banjir bandang yang terjadi pada Jumat (11/3/2016) lalu juga telah merusakan dan menghanyutkan tujuh jembatan. Sebanyak 4 di Kecamatan Nyalindung dan 3 di Kecamatan Jampang Tengah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com