Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor Selebar 300 Meter, 139 Keluarga Terisolasi

Kompas.com - 11/02/2016, 14:19 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

KARANGANYAR, KOMPAS.com - Hujan deras mengguyur Jatiyoso selama dua hari, membuat tebing di Dusun Tasin, Beruk, Karanganyar longsor dan memutuskan satu satunya jalan menuju dua desa, Pengkok dan Pondok.

Lebar tanah yang longsor diperkirakan hingga 300 meter membuat 139 kepala keluarga di Desa Pengkok dan Pondok, terisolasi.

Demikian pula dengan aktivitas perekonomian warga yang sebagian besar petani sayuran, terpaksa berhenti total.

"Yang longsor sekitar 300 meter lebarnya, dan jalan yang putus sepanjang 25 meter. Jalan ini satu satunya buat ke Desa Pengkok dan Pondok," kata Nugoroho, Kepala Desa Beruk, Kamis (11/2/2016).

Sementara itu, warga dan petugas gabungan dari SAR, TNI dan Polri, mulai membersihkan longsoran, dan segera mencari jalur alterlantif bagi 139 kepala keluarga yang saat ini masih terisolasi.

"Ini satu satunya akses, jadi kita carikan solusinya, agar warga yang menjadi petani sayuran bisa beraktivitas dan ekonomi kembali bergerak," kata Letkol Inf Marthen Pasunda, Komandan Kodim 0727 Karanganyar, saat di lokasi.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut. Namun kondisi kondisi tebing yang masih rawan longsor harus diwaspadai.

"Kami waspadai kondisi sekitar lokasi, jangan sampai relawan yang sedang bekerja menjadi korban," kata Nugroro, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar.

Petugas masih mengkaji jalur jalur alternatif yang memungkinkan untuk menghubungkan kembali jalur menuju dua desa tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com