Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Guncang Maluku, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Kompas.com - 29/12/2015, 03:10 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Gempa tektonik berkekuatan 5,2 Skala Richter mengguncang wilayah Kota Ambon dan sejumlah daerah lain di Maluku, Selasa (29/12/2015) dini hari sekira pukul 01.26 Wit.

Kuatnya getaran gempa membuat sebagian besar warga di Kota Ambon langsung berhamburan dari rumah-rumah mereka untuk menyelematkan diri.

Getaran gempa bahkan membuat rumah-rumah dan bangunan seketika bergoyang, warga yang kepanikan langsung keluar ke jalan-jalan.

Meski kekuatan gempa relatif kecil, namun kuatnya getaran gempa yang terjadi menyebabkan listrik di seluruh Kota Ambon langsung padam seketika.

Warga yang berhamburan bahkan sempat berteriak minta tolong. Hingga kini belum ada laporan terkait kerusakan rumah-rumah warga dari gempa yang terjadi tersbebut.

Namun akibat gempa itu Kota Ambon hingga kini masih kegelapan akibat listrik yang tiba-tiba padam.

Selain di Kota Ambon, warga di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan Kabupaten Maluku Tengah juga merasakan getaran gempa yang sangat besar itu sehingga warga memilih keluar untuk menyelamatkan diri.

“Kita disini juga merasakan gempa yang cukup kuat, dan warga langsung lari dari rumah,”kata Fadihila warga Kecamatan Kairatu.

Berdasarkan data yang diterima Kompas.com gempa dengan kekuatan 5,2 SR itu berpusat di 54 kilometer Barat Daya Seram Bagian Barat dengan kedalaman dibawa 10 kilo meter. Gempa itu berada pada 3.68 Lintang Selatan dan 128.39 Bujur Timur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com