Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulan Janda, Istri Larang Suami Melaut

Kompas.com - 25/12/2015, 19:22 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com — Pada bulan Desember dan Januari, nelayan di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, menyebutnya dengan istilah bulan janda. Kondisi cuaca buruk, angin kencang dengan ketinggian ombak di laut mencapai empat meter, membuat istri nelayan melarang suami mereka melaut.

"Cuaca buruk pada bulan Desember dan Januari kami sebut dengan bulan janda. Nelayan yang nekat melaut, menembus badai, biasanya mengalami kecelakaan akibat cuaca buruk. Nelayan terdampar atau bahkan meninggal. Para istri nelayan menjadi janda," ujar Adi, nelayan Sumpang, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Jumat (25/12/2015).

Walau tak mendapatkan hasil karena tak ada kegiatan melaut, para istri rela bekerja sebagai buruh harian di pasar asalkan suami tidak turun melaut.

Bulan janda di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, dikenal sejak zaman penjajahan dulu. Menurut tokoh masyarakat bacukiki, Kota Parepare, Kaleb R Basae, karena melaut adalah pekerjaan utama para warga pesisir Kota Parepare, cuaca buruk, angin kencang, dan ombak besar harus mereka terobos demi makan anak dan istri.

"Setiap tahunnya, warga pesisir Parepare, 4 atau 5 orang, tewas menembus cuaca buruk di tengah laut. Peran istri sangat penting dalam melarang suami mereka melaut pada bulan Desember dan Januari," kata Kaleb R Basae.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com