Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeje Wiradinata-Adang Hadari Unggul di Pangandaran

Kompas.com - 16/12/2015, 01:01 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

PANGANDARAN, KOMPAS.com - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Pangandaran nomor urut 3, H Jeje Wiradinata-Adang Hadari unggul dengan perolehan suara 140.463 atau 58,66 persen dibandingkan dengan dua pasangan lainnya. Pasangan ini diusung oleh PDI Perjuangan, Partai Golkar, PKS, dan Partai Demokrat.

Posisi kedua didapat pasangan nomor urut 1, yakni Ino Darsono-Erwin M Thamrin dengan perolehan suara 75.781 atau 31,65 persen. Pasangan ini hanya disusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN).

Urutan terakhir, pasangan nomor urut 2, yakni Azizah Talita Dewi-Sulaksana yang meraih perolehan suara 2.3216 atau 9,70 persen. Pasangan ini diusung oleh PKB, Partai Gerindra dan Partai Nasdem.

Hasil ini berdasarkan rekapitulasi suara berdasarkan formulir model C1 yang diunggah ke sistem informasi perhitungan suara Pilkada Pangandaran 2015, Selasa (12/15/2015).

"Datanya model C1 yang masuk sudah 100 persen. Meski sudah 100 persen, ini masih bersifat sementara karena kan belum diresmikan dalam rapat pleno," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Yayat Hidayat, kepada Kompas.com di Bandung.

Meski begitu, kata Yayat, hasil data model C1 ini tidak akan berbeda jauh dengan hasil resmi rekapitulasi akhir yang diputuskan dalam rapat pleno di KPU Pangandaran.

"Kalaupun ada perbedaan, ya dikit-dikitlah," kata Yayat.

Ketua KPU Pangandaran, Yuwono Budi Santosa, mengatakan, data tersebut didapat dari 672 TPS yang tersebar di 10 kecamatan di Pangandaran. Adapun jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Pangandaran sebanyak 308.663.

"Pelaksanaan Pilkada di Pangandaran berjalan normal, Alhamdulillah seperti yang diharapkan, tidak ada kendala serius. Situasi di sini juga aman banget," kata Yuwono.

Partisipasi pemilih di Pangandaran mencapai 78,04 persen dengan persentase suara sah 98,86 persen. Sementara, pemilih yang disabilitas mencapai 282 jiwa.

Rapat pleno penetapan hasil perhitungan suara resmi akan dilakukan pada Rabu, 16 Desember 2015, di masing-masing Kabupaten Kota di Jawa Barat yang menggelar Pilkada serentak 2015 ini.

Sementara untuk penetapan pasangan bupati dan wakil bupati terpilih akan dilakukan pada 22 Desember 2015 mendatang.

Pangandaran baru pertama kali menggelar Pilkada (menggunakan hak pilih untuk memilih pemimpinnya -red). Hal ini setelah Pangandaran ditetapkan sebagai daerah otonom baru, pemekaran dari Kabupaten Ciamis.

Sementara di Kabupaten Bandung, calon bupati petahana Dadang M Nasser beserta wakilnya, Gun-gun Gunawan, unggul. Pasangan dengan nomor urut 2 ini meraih perolehan suara 982.191 atau 64,25 persen.

Pasangan nomor urut 1, Sofyan Yahya-Agus Yasmin meraih perolehan suara 381.349 atau 24,95 persen. Terakhir, pasangan nomor urut 3, Deki Fajar-Dony Mulyana Kurnia meraih peroleha suara 165.084 atau 10,80 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com