Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Pengin Bawa Surabaya Mendunia, Bagaimana Caranya?

Kompas.com - 09/12/2015, 09:50 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Calon Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan membawa kotanya mendunia. Begitu janji Risma jika dirinya terpilih kembali menjadi Wali Kota Surabaya dalam Pilkada serentak, hari ini.

Pertama, Risma akan mempermudah akses ke Surabaya. Dia dan pasangannya Whisnu Sakti Buana berjanji akan mulai mengembangkan transportasi sekaligus infrastruktur pendukungnya.

"Karena Surabaya sudah dilirik dunia. Maka itu, transportasi, terminal, semuanya sudah harus mulai ditata baik," ujar Risma di TPS 1, Balai RW VI, Taman Pondok Indah, Kelurahan Jajar Tunggal, Kecamatan Wiyung, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (9/12/2015).

Khusus soal mengembangkan transportasi umum, Risma mengakui perlu kecermatan di dalam hal itu. Dia tidak mau asal-asalan dalam mengembangkannya supaya para pengguna kendaraan pribadi benar-benar pindah ke kendaraan umum.

"Terus terang rumit atau tidak mudah. Kalau gagal, perpindahan dari transportasi pribadi ke umum, ya susah. Maka itu harus dilakukan secermat mungkin," ujar Risma.

Kedua, Risma juga berkomitmen mengelola, bahkan membangun tempat wisata baru di Kota Surabaya dengan tata kelola yang profesional.

Ketiga, dia akan meningkatkan daya saing sekaligus daya juang masyarakat Kota Surabaya. Hal itu penting dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean yang mulai diberlakukan 2016 mendatang.

Atas hal itu, dia menekankan kepada warga kotanya bahwa lima tahun mendatang, akan lebih berat dari kepemimpinan sebelumnya. "Itu pasti jauh lebih berat daripada lima tahun kemarin. Karena ngajarin manusia itu jauh lebih berat. Persaingan bukan lokal, tapi dunia," ujar Risma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com