Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Santri Meriahkan Gebyar Hari Santri Nasional

Kompas.com - 16/11/2015, 12:28 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar Gebyar Hari Santri Nasional (HSN) di Gedung Balerame Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (16/11/2015).

Acara yang dihadiri Menteri Agama Lukman Saifuddinn, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan serta Bupati Bandung Dadang Naser itu dimeriahkan ribuan santri dari pondok pesantren se-Jawa Barat.

"Intinya gebyar HSN ini untuk meneguhkan bahwa setidaknya kalangan santri dan masyarakat indonesia perlu lebih menyadari atas dua hal," kata Lukman usai acara.

Pertama, lanjut dia, acara ini merupakan wujud apresiasi pemerintah pondok pesantren, khususnya para santri terkait dengan kontribusi yang telah diberikan dalam membangun Bangsa dan Negara.

Hal kedua, kata Lukman, apresiasi tersebut juga harus dimaknai sebagai tanggungjawab para santri untuk menentukan nasib Bangsa ke depan.

"Khusus bagi kaum santri maka dengan adanya HSN maka harus dimaknai sebagai tanggungjawab karena nasib Bangsa dan Negara kita ke depan ini sangat tergantung dari kiprah santri itu seperti apa," ucap dia.

"Seberapa besar kontribusi sumbangsih kaum santri dalam upaya menjaga, memelihara sekaligus mengembangkan Negara tercinta ini," kata Lukman.

Dalam kegiatan itu, Kementerian Agama juga memberikan bantuan untuk sekitar 1.000 santri. "Ya nanti kementerian agama di tingkat provinsi yang akan menentukan detailnya," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com