Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Parepare Amankan Agen dan Calon TKI Ilegal

Kompas.com - 18/10/2015, 00:02 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com – Satuan Reskrim Polres Parepare, Sulawesi Selatan, mengamankan seorang pengusaha jasa TKI yang diduga Ilegal, di Kelurahan Bukit Harapan, Kecamatan Soreang, Kota Parepare, Sabtu (17/10/2015) dini hari.

“Kita mengamankan seorang tersangka perekrut calon TKI beserta empat calon TKI yang akan diberangkatkan ke Malaysia. Keempat calon TKI ini tidak bisa menunjukkan surat kelengkapan untuk bekerja ke luar negeri, “ Kata Kasat Reskrim Polres Parepare AKP Nugraha Pamungkas.

Keempat calon TKI itu berasa dari Surabaya, Jawa Timur dan salah seorangnya, Paryo baru berusia 17 tahun.

Kepada polisi Paryo mengaku dia tidak tahu akan dibawa kemana atau jenis pekerjaan yang akan mereka lakoni di luar negeri. 

“Saya belum tahu mau dibawa ke mana dan akan bekerja sebagai apa. Kami hanya dijanjikan bekerja dengan iming-iming gaji tinggi,“ kata Paryo.

Polisi menduga para calon TKI ini direkrut di Surabaya dan akan diberangkatkan lewat Pelabuhan Parepare.

Polisi menduga para calon TKI ini adalah korban jaringan perekrut tenaga kerja yang beroperasi di Surabaya, Parepare dan Malaysia.

“Kita juga sudah mengamankan pihak-pihak yang diduga terlibat dalam dugaan Perdagangan orang ini. Kita masih melakukan pendalaman pada kasus ini,“ tambah Nugraha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com