Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepekan Terakhir, 166 Pengungsi Rohingya di Aceh Kabur dari Penampungan

Kompas.com - 15/10/2015, 19:56 WIB
Kontributor Lhokseumawe, Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Ratusan pengungsi Rohingnya asal Myanmar kabur dari lokasi penampungan di Desa Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara selama sepekan terakhir. Pada Kamis (15/10/2015), jumlah warga Rohingnya di lokasi penampungan hanya tercatat 150 orang dari total 316 orang.

Kepala Humas Pemkab Aceh Utara Amir Hamzah kepada Kompas.com, menyebutkan awalnya pada 15 Oktober 2015 tercatat jumlah warga Rohingnya di lokasi penampungan itu sebanyak 316 orang. “Pada 7 Oktober 2015 jumlah mereka hanya 236 orang. Sebagiannya sudah melarikan diri,” ujar Amir.

Sehari sebelumnya telah beredar kabar bahwa para pengungsi Rohingnya kabur dari penampungan. Menanggapi kabar tersebut, Amir Hamzah menambahkan, Pemkab Aceh Utara langsung memeriksa lokasi penampungan.

“Tadi sudah kita cek, hanya 150 orang lagi di penampungan. Artinya sebanyak 166 orang sudah melarikan diri,” ujar Amir Hamzah.

Pemeriksaan jumlah warga Rohingnya itu juga didampingi Kepala Dinas Sosial Aceh Utara Jailani, dan Kapolsek Kuta Mamur Iptu Sarimin. “Kami menduga mereka kabur karena dibujuk cukong yang akan membawa mereka ke Malaysia. Kita tahu, sejak awal tujuan mereka berangkat dari Myanmar adalah ke Malaysia. Di sana banyak keluarga mereka,” tambah Amir.

Kini, sambung Amir, pemerintah terus meningkatkan pengamanan, sehingga upaya melarikan diri dari sisa pengungso tersebut bisa diatasi. “Pengamanan terus kita tingkatkan,” pungkasnya.

Ratusan pengungsi Rohingnya itu tiba di Aceh Utara pada Mei 2015. Kebijakan Pemerintah Indonesia mengizinkan mereka menetap di Aceh Utara selama setahun sebelum mereka mendapat negara ketiga yang akan memberikan suaka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com