Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Baby" Lobster Senilai Rp 6 Miliar Dilepasliarkan di Pantai Sepanjang

Kompas.com - 10/10/2015, 15:59 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) Kelas 1 Yogyakarta melepasliarkan "baby" lobster hasil pengagalan upaya penyelundupan ke Singapura.

Dari 330.000 "baby" lobster yang hendak diselundupkan dengan menggunakan koper, 500 ekor tidak dilepasliarkan karena dalam kondisi mati. "Kamis kemarin kita lepasliarkan di Pantai Sepanjang, Gunungkidul," ucap Kepala Stasiun KIPM Kelas 1 Yogyakarta, Suprayogi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (10/10/2015).

Yogi menuturkan, setelah penggagalan penyelundupan lobster senilai kurang lebih Rp 6 miliar itu, KIPM lalu melakukan penyelamatan terhadap ribuan "baby" lobster tersebut agar tetap hidup ketika dilepasliarkan.

Setelah itu, sebelum dilepasliarkan, KIPM juga melakukan aklimatisasi agar lobster bisa menyesuaikan dengan suhu air Pantai Sepanjang. "Penyelamatan sudah sesuai prosedur," kata dia.

"Proses hukum tetap berjalan dan 500 'baby' lobster yang mati nantinya akan dijadikan barang bukti," kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Selasa (6/10/2015) Stasiun KIPM Kelas 1 Yogyakarta mengagalkan penyelundupan lobster yang hendak dibawa Singapura. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini ribuan lobster ini diselundupkan dalam bentuk bibit berukuran 3 mm. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com