Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lestarikan "Kampung Suroboyo" Jadi Materi Kampanye Risma-Wisnu

Kompas.com - 08/10/2015, 12:22 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota petahana Surabaya, Tri Rismaharini-Wisnu Sakti Buana (Risma-Wisnu), berjanji akan mengangkat budaya "Kampung Suroboyo" jika terpilih kembali.

Promosi budaya "Kampung Suroboyo" menjadi salah satu materi kampanye pasangan nomor urut 2 ini. 

Menurut Wisnu, budaya kampung yang sarat akan nilai-nilai gotong royong dan kebersamaan harus tetap dilestarikan dan tidak boleh hilang di Surabaya. "Semakin banyaknya komplek perumahan berpagar tinggi di Surabaya, mengancam budaya gotong royong yang merupakan budaya asli Surabaya," kata dia.

Menurut Ketua DPC PDI-P Surabaya itu, Surabaya tidak menutup diri dari perubahan zaman. Namun, sejalan dengan itu, harus tetap dijaga nilai-nilai tradisi masyarakat yang sudah terbangun sejak lama.

"Karena itu kampanye Kampung Suroboyo menyasar semua kalangan warga Surabaya, dari menengah, atas, hingga bawah," sambungnya.

Kemarin, Wisnu mengampanyekan "Kampung Suroboyo" ke kalangan pemuda komunitas "Upgrading". Komunitas yang memiliki wahana dan sarana tersendiri dalam melestarikan budaya asli Surabaya. 

Komunitas "Upgrading", kata Wisnu memiliki misi mempromosikan potensi-potensi kampung di Surabaya di bidang ekonomi, budaya, dan gaya hidup komunitas muda khas Surabaya. 

Jika pasangan Risma-Wisnu mengampanyekan Kampung Suroboyo kepada berbagai kalangan warga Surabaya, pasangan Rasiyo-Lucy memilih lebih menyasar komunitas pendidikan, seperti guru dan siswa pemilih pemula.

Siang ini, calon walikota Surabaya, Rasiyo dijadwalkan bertemu puluhan kepala sekolah madrasah se-Surabaya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com