Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasiyo Minta Dipanggil "Paklik", Lucy "Ning"

Kompas.com - 25/09/2015, 13:20 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Sejak ditetapkan resmi sebagai penantang Tri Rismaharini, calon Wali Kota Surabaya Rasiyo meminta dipanggil "Paklik Rasiyo", sementara wakilnya, Lucy Kurniasari meminta dipanggil "Ning Lucy".

Sebutan "Paklik", dalam Bahasa Jawa berarti paman, atau adik dari bapak.  Rasiyo mengaku, sebutan "Paklik" dimaksudkan untuk mendekatkan dia dengan warga Surabaya. "Kalau 'Pakde' kan sudah ada, kalau saya 'Paklik' saja," kata Rasiyo, Jumat (25/9/2015).

"Pakde" yang dimaksud adalah "Pakde" Karwo, sebutan untuk Gubernur Jatim, Soekarwo. Sebutan "Pakde" Karwo menjadi populer dan menjadi brand politik Ketua DPD Partai Demokrat Jatim itu sejak dicalonkan dalam Pilgub Jatim 2008 lalu. 

Sementara panggilan "Ning" untuk Lucy, dalam Bahasa Jawa berarti kakak perempuan. Panggilan "Ning", menurut Sekretaris Tim pemenangan Rasiyo-Lucy, Reno Zulkarnaen, untuk membangun pencitraan figur Lucy Kurniasari yang masih muda dan cantik. 

Sebutan "Ning" kata dia, sebenarnya sudah lama melekat di figur Lucy, karena dia pernah menyandang gelar Ning Suroboyo pada 1986, pemenang kompetisi ikon wisata semacam Abang None di Jakarta.

"Lucy diharapkan menjadi 'Ning'-nya semua warga Surabaya," kata Reno.

Siang nanti, pasangan petahana Risma-Wisnu yang diusung PDI-P, maupun Rasiyo-Lucy yang diusung Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional akan menghadiri pengundian nomor urut calon di kantor KPU Surabaya jalan Adityawarman. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com