Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes India Beri Komik Sejarah Majapahit untuk Wali Kota Ambon

Kompas.com - 18/09/2015, 16:39 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Duta Besar India untuk Indonesia Gurjit Singh memberikan sebuah buku komik kepada Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy saat ia berkunjung ke Kantor Wali Kota, Jumat (18/9/015).

Buku komik yang diberikan itu bercerita tentang sejarah Majapahit hingga kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Sebelum memberikan buku komik itu Singh terlebih dahulu bercerita singkat tentang sejarah Majapahit yang ditulis di dalam komik tersebut kepada Wali Kota.

“Sejarah Majapahit sangat mengesankan dan luar biasa,” kata Singh.

Menurut dia, sejarah Bangsa Indonesia tak terlepas dari sejarah Majapahit, dan saat ini Indonesia semakin maju di berbagai bidang. Singh juga mengaku ada sejumlah kesamaan antara budaya Indonesia dan budaya India.

“Komik ini bercerita banyak tentang Majapahit hingga pemerintahan Joko Widodo saat ini,” kata dia.

Selain memilki kemiripan budaya, menurut Singh India dan Indonesia, juga sama-sama memiliki jumlah angkatan kerja yang sangat potensial. Jika angkatan kerja itu dapat dikelola dengan baik, maka akan sangat menguntungkanbagi kedua Negara.

“India memilki 400 juta angkatan kerja yang potensial dan Indonesia juga memiliki sekitar 100 juta angkatan kerja ini sangat potensial,” ujar dia.

Richard mengungkapkan, India bagi warga Ambon sudah tidak asing lagi sebab dahulu banyak sekali orang India yang menetap di Kota Ambon. Dia juga menyampaikan kepada Dubes, Ambon adalah kota tua yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

“Kota Ambon ini sudah ada sejak zaman dahulu, dan banyak warga di Kota Ambon yang wajahnya mirip seperti orang India,” kata Richard sambil tersenyum.

Mengakhiri pertemuan itu, Dubes Singh lalu diminta untuk menuliskan kesannya tentang Ambon. Saat itu, Singh menuliskan, Ambon sangat indah, orangnya ramah dan dia juga menulis "I love you Ambon". 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com