Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Kapten Amerika dan Hulk Ikut Mengatur Lalu Lintas di Jember

Kompas.com - 16/09/2015, 21:32 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Bagaimana jadinya jika para pahlawan super yang selama ini hanya muncul di televisi atau layar perak, ikut mengatur arus lalu lintas di Jember, Jawa Timur. Pada Rabu (16/9/2015), para petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jember, berpakaian ala “super hero” seperti Kapten Amerika dan Hulk, untuk ikut mengatur lalu lintas.

Tentu saja, kehadiran para pahlawan super tersebut menarik perhatian warga dan pengendara kendaraan yang sedang melintas. Selain ikut mengatur arus lalu lintas, para super hero tersebut juga ikut mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

“Bapak pakai helm, tapi anaknya tidak memakai helm. Ini sangat berbahaya Pak, jika sampai terjadi kecelakaan,” kata petugas yang mengenakan kostum Kapten Amerika.

Mendapat teguran itu dari "Kapten Amerika", pengendara tersebut langsung meminta maaf dan berjanji akan mematuhi peraturan lalu lintas. “Maaf pak, saya janji gak akan ngulangi lagi,” kata Udin, si pengendara motor.

Selain menghadirkan dua pahlawan super itu, sejumah petugas Satlantas Polres Jember juga menggunakan kostum sejumlah tokoh film, seperti Wiro Sableng, Mak Lampir, Sakera, dan Gatot Kaca.

“Bagus juga sih para petugas ini, mereka kreatif sekali. Paling tidak pesan untuk menyampaikan tertib lalu lintas, bisa langsung sampai,” kata Deni, salah seorang warga Jember.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Jember, AKP Nopta Histaris Suzan, mengaku sengaja melibatkan para “super hero” tersebut, agar polisi semakin dekat dengan masyarakat.

“Penindakan kita secara humanis dan simpatik, dengan memberikan teguran dan penindakan kepada pelanggar, supaya tidak terlalu kaku dan takut,” katanya.

Nopta berharap, dengan upaya tersebut, masyarakat semakin sadar jika keselamatan berlalu lintas, merupakan kebutuhan. “Dengan kostum unik seperti ini, para pelanggar justru merasa tertarik dan kita manfaatkan untuk melakukan penindakan, sekaligus sosialisasi tentang tertib lalu lintas,” pungkas Nopta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com