Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Titik Api Bertambah, Kabut Asap Kian Pekat di Samarinda

Kompas.com - 09/09/2015, 21:53 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com — Karena kabut asap di Kalimantan Timur (Kaltim) yang semakin pekat, sejumlah jadwal penerbangan dari dan menuju Kota Samarinda terganggu. Sejumlah penerbangan menuju berbagai bandara perintis di pedalaman Kalimantan juga terpaksa ditunda.

Penundaan tersebut disebabkan jarak pandang yang semakin terbatas sehingga tidak sesuai standar keamanan penerbangan, apalagi di pedalaman Kaltim. Terganggunya jadwal penerbangan sudah berlangsung selama tiga hari terakhir. Banyak penumpang yang terpaksa menunggu berjam-jam, menunggu kabut asap berkurang kepekatannya.

Stasiun Meteorologi dan Geofisika Kota Samarinda menyebutkan, kondisi kabut asap pekat disebabkan bertambahnya jumlah titik api di Kaltim. Hal ini disampaikan Kepala BMKG Kota Samarinda Sutrisno.

"Sudah dua hari belakangan ini mengalami jumlah kenaikan hotspot yang cukup signifikan, terutama di daerah-daerah bagian selatan," ujar Sutrisno, Rabu (9/9/2015).

Sutrisno menambahkan, kabut asap yang kian pekat juga memengaruhi kualitas udara di Samarinda meski belum mencapai level membahayakan.

"Dari data BMKG Samarinda, kandungan asap di udara saat ini sudah mencapai 180 mikrogram per meter kubik. Meski belum membahayakan, kondisi ini sudah bisa disebut situasi waspada. Udara dinyatakan tidak sehat jika kabut asap melebihi 250 mikrogram per meter kubik," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com