Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Sumbang Sapi Berbobot 800 Kg untuk Kurban di Surabaya

Kompas.com - 07/09/2015, 21:51 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo saat hari raya Idul Adha dikabarkan menyumbang seekor sapi kurban seberat lebih dari 800 kilogram untuk masyarakat Surabaya. Sapi kurban Jokowi berbobot sekitar 8 kuintal, sedangkan berat sapi kurban dari Gubernur Jatim Soekarwo sedikit lebih ringan.

Sapi kurban sumbangan Presiden Jokowi akan disembelih bersama sapi kurban milik forum pimpinan daerah di Masjid Al-Akbar, Surabaya, seusai shalat Idul Adha nanti. "Kalau Pak Jokowi tidak shalat di sini, tetapi sapinya disembelih di sini," kata Gubernur Jatim Soekarwo, Senin (7/9/2015).  

Sapi sumbangan Jokowi, kata Soekarwo, sudah dipilih dari sapi terbaik milik peternak Jawa Timur. "Sudah disiapkan semuanya, tinggal disembelih saja dan dibagikan kepada warga Surabaya yang berhak," kata Ketua DPD Partai Demokrat Jatim ini.

Sapi milik Gubernur Soekarwo yang akan disembelih pada waktu dan tempat yang sama tidak berbobot seberat sapi sumbangan Presiden. "Kalau saya juga 800 kilogram lebih, tetapi tidak melebihi milik Presiden Jokowi," ujarnya.

Pada tahun-tahun sebelumnya, sapi sumbangan Gubernur Soekarwo beratnya selalu di atas 1 ton. Tahun lalu, sapi milik Soekarwo yang disumbangkan pada hari raya Idul Adha berbobot 1,2 ton. Sapi jenis simental itu dibeli dari seorang peternak di Kabupaten Nganjuk dengan harga Rp 60 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com