Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Dijadwalkan Hadiri Pertemuan Wali Kota Se-ASEAN di Makassar

Kompas.com - 06/09/2015, 20:00 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com — Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan akan hadir dalam pertemuan wali kota se-ASEAN atau ASEAN Mayors Forum (AMF) 2015 pada 8-10 September 2015 di Makassar, Sulawesi Selatan. Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan, kehadiran Kalla dalam acara itu untuk memberikan arahan dan sambutan.

"Pak Wapres akan hadir, tetapi yang membuka AMF 2015 Menteri Dalam Negeri. Wali kota dari luar negeri yang akan hadir sebanyak 60 orang, dan 6 gubernur dari luar negeri juga datang. Kalau wali kota se-Indonesia, yang akan hadir sebanyak 80 orang. Sudah ada 30 wali kota di Wakatobi mengikuti acara. Habis dari situ, langsung ke Makassar," kata Danny Pomanto dalam jumpa pers di Makassar, Minggu (6/9/2015).

Ia mengatakan, forum wali kota itu akan membahas tentang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 yang akan diselenggarakan di Indonesia. Pembahasan itu mengenai konsep menghadapi ekonomi global.

"Selain pembahasan MEA dalam AMF 2015, saya akan membentuk VV Center. VV Center itu akan diresmikan, dan Makassar dijadikan pusat investasi di Indonesia," ujarnya.

Ia menargetkan, sebanyak 200 wali kota dari 10 negara di ASEAN akan hadir dalam pertemuan itu. Sejumlah gubernur dan bupati sudah menyatakan kesediaannya untuk hadir dalam acara tersebut. Delegasi pendamping wali kota diperkirakan berjumlah 1.000 orang, pengusaha atau investor dalam negeri berjumlah 300 orang, sedangkan pengusaha atau investor dari luar negeri berjumlah 200 orang. Jumlah total tamu undangan yang akan hadir dalam AMF 2015 mencapai 3.000 orang. Danny Pomanto menyatakan bahwa persiapan AMF 2015 sudah mencapai 90 persen.

"Semuanya sudah siap, tinggal sisa pemantapannya. Jelas, saat pelaksanaan, sudah siap semua," kata dia.

Menurut pantauan Kompas.com, kawasan di sepanjang Anjungan Pantai Losari sudah dihiasi dengan bendera peserta AMF 2015. Pemasangan bendera 10 negara di Asia Tenggara juga dilakukan di jalan-jalan utama Kota Makassar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com