Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak Ikut Pleno, Ratusan Peserta Muktamar NU Pilih Istigasah di Tebuireng

Kompas.com - 05/08/2015, 21:39 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

JOMBANG, KOMPAS.com — Ratusan peserta Muktamar ke-33 NU yang berada di Ponpes Tebuireng, Jombang, menolak menghadiri sidang pleno di arena utama muktamar di Alun-alun Jombang. Mereka memilih menggelar istigasah di masjid kompleks Ponpes Tebuireng.

Seusai menggelar pertemuan di gedung lantai III Aula H Bachir Ahmad, para peserta turun ke masjid dan menggelar istigasah. Istigasah dan doa bersama dimaksudkan agar muktamar berjalan lancar dan sukses.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, pintu gerbang Ponpes Tebuireng dijaga ketat oleh puluhan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser). Setiap orang yang keluar dan masuk diminta menunjukkan kartu identitas peserta muktamar.

Menurut KH Abdullah Syamsul Arifin dari PCNU Jember, peserta muktamar sengaja menolak datang ke forum muktamar karena dianggap cacat hukum.

"Banyak aturan AD/ART yang dilanggar, khususnya dalam proses pemilihan pimpinan PBNU," katanya.

Sementara itu, dari informasi yang dihimpun, sedang dilakukan rapat pleno pemilihan pimpinan PBNU di arena utama Muktamar NU di Alun-alun Jombang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com