Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Sepeda, Pasangan Petahana Rudy-Purnomo Mendaftar ke KPU Solo

Kompas.com - 26/07/2015, 19:54 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Solo dari PDI-P, FX Hadi Rudyatmo dan Ahmad Purnomo, resmi mendaftar ke KPU Kota Solo pada hari Minggu (26/7/2015). Kedua pasangan tersebut mendaftar pada hari pertama pembukaan pendaftaran bakal calon di KPU Kota Solo.

Hal tersebut, kata salah satu tim sukses, merupakan kesiapan PDIP untuk bertarung memperebutkan posisi orang nomor satu di Kota Solo.

Sebagai kota yang dikenal sebagai "kandang Banteng", PDIP menjadi satu satunya partai yang mencalonkan Rudy-Purnomo sebagai wali kota dan wakil wali kota dalam pilkada kali ini.

Sebagai pasangan petahana, Rudy dan Purnomo, membuat aksi unik dengan bersepeda bersama menuju kantor KPU. Kedua calon, Rudy dan Purnomo, ditemani ratusan pendukungnya yang juga dengan menggowes sepeda.

Kurang lebih lima kilometer dari Kantor DPC PDI-P di Jalan Hasanudin menuju Kantor KPU di Jalan Kahuripan. Tidak ketinggalan kostum kedua calon mengenakan pakaian ala petani Jawa. Baju lurik dan caping (topi khas petani).

Sesampainya di Kantor KPU, kedua pasangan dari PDIP tersebut langsung diterima oleh pengurus KPU dan langsung menerima berkas pendaftaran.

Rudy dan Purnomo tercatat sebagai pendaftar pertama di hari pertama pembukaan pendaftaran Pilkada Surakarta 2015.

Sementara itu, menurut ketua Tim Kampanye pasangan Rudy-Purnomo, Paulus Haryanto, naik sepeda bersama-sama merupakan bentuk kesederhanaan dan kepedulian pasangan Rudy-Purnomo terhadap lingkungan.

"Ini kan salah satu bentuk kepedulian dari Bapak Rudy dan Pak Pur, naik sepeda tidak membuat polusi, dan menyimbolkan kesederhanaan. Solo bersih dan sehat juga menjadi salah satu agenda pasangan Rudy dan Purnomo," kata Paulus.

Paulus optimistis kedua pasangan akan memenangkan pilkada yang akan digelar bulan Desember nanti. "Kita optimis kedua pasanna bisa memimpin kota Solo lagi," katanya.

Seperti diketahui, calon lawan kedua pasangan Rudy dan Purnomo hingga saat ini masih belum jelas. Pasangan yang hendak diusung oleh KSB (Koalisi Solo Bersama) yang terdiri dari PAN, PKS, Golkar, Demokrat, Gerindra dan PPP, masih terganjal rekomendasi dari DPP masing masing partai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com