Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Toleransi Beragama, Jateng Dirikan FKUB di Tingkat Kecamatan

Kompas.com - 23/07/2015, 18:23 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Keberadaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di tingkat kecamatan dipandang perlu untuk menjaga kerukunan antar-umat beragama. Selama ini, di Jawa Tengah (Jateng) FKUB baru ada di tingkat provinsi, kabupaten atau kota.

“Nanti FKUB akan coba dikembangkan di kecamatan. Di tingkat-tingkat bawah harus juga ditingkatkan,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Jateng Ahmadi di Semarang, Jateng, Kamis (23/7/2015). 

Menurut dia, FKUB yang berisi para tokoh dari masing-masing agama sangat penting menjadi jembatan dialog guna menjaga toleransi umat beragama. Lewat forum komunikasi ini benih-benih kerukunan, hidup damai, dan menanggalkan kekerasan disemai.

Sejumlah daerah di Jawa Tengah, kata dia, sudah berinisiatif mendirikan FKUB di tingkat kecamatan. 

“Grobogan sudah berinisiatif. Sudah ada rencana di tingkat kecamatan. Semua kabupaten/kota sudah bergerak. Salatiga, Pati, Semarang, Sragen, dsb juga sudah. Kami sangat harapkan bahwa Jateng aman, damai,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua FKUB Jateng Prof Mujahirin Tohir mengatakan, peristiwa Tolikara di Papua merupakan momen yang baik untuk mengingatkan betapa pentingnya hidup bertoleransi.

“Konsep dasarnya tiap pemeluk agama itu mempunyai sikap ekslusif dan inklusif. Itu corak keberagaman. Dan penting saat ini untuk mengelola keberagaman itu,” kata dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com