Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Cimahi Amankan 119 Preman

Kompas.com - 28/06/2015, 13:17 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Jajaran Polres Cimahi mengamankan ratusan orang yang diduga kerap melakukan aksi premanisme di wilayah hukum Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (27/6/2015) kemarin.

Menurut Kepala Polres Cimahi, AKBP Dedy Kusuma Bakti, sebanyak 119 orang yang diamankan dalam operasi Cipta Kondisi. "Tidak ada unsur pidana yang dilakukan. Ke-119 orang tersebut dilakukan pemeriksaan, pendataan, dibuatkan surat pernyataan, dan dilakukan pembinaan," kata Dedy, Minggu (28/6/2015).

Adapun praktik-praktik itu adalah sebagai calo angkot, menyeberangkan kendaraan di persimpangan jalan, menjual petasan, tukang parkir liar, penjual minuman ke sopir, pengamen hingga pak ogah.

Dedy menambahkan, operasi Cipta Kondisi dilakukan secara serantak di seluruh Polres. Hasilnya, di Jawa Barat, Polres Cimahi paling banyak mendapatkan barang bukti dan orang yang diduga meresahkan mansyarakat.

"Orangnya sudah dipulangkan. Sebelumnya didata dan diberikan peringatan, serta pernyataan. Semoga saja mereka sadar," akunya.

Selain itu, dalam sepekan, Polres Cimahi sudah menyita 79.221 butir petasan berbagai jenis. "Barang bukti petasan yang ada di polsek-polsek telah dilakukan pengamanan dengan cara perendaman," imbuhnya.

Selama satu bulan terakhr sampai dengan kemarin, lanjut dia, sekitar 11.000 liter miras dari berbagai jenis juga berhasil diamankan "Diamankan dari para penjual. Ada yang dari gudang, penjual jamu, penjual miras dan lain-lain," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com