Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Dosen Pengedar Ijazah Palsu Digeledah Polisi

Kompas.com - 13/06/2015, 13:14 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Dosen perguruan tinggi swasta Universitas Al Asariah Mandar, Budi, ditangkap petugas Satuan Reskrim Polres Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Jumat (12/6/2015). Dia diduga telah membuat dan menyediakan ijazah palsu bagi para pencari kerja dan pegawai negeri sipil yang membutuhkan ijazah untuk kenaikan pangkat.

Di rumah sang dosen, polisi berhasil menemukan puluhan ijazah, termasuk transkrip nilai yang diduga palsu. Semua barang bukti tersebut langsung disita dan diamankan polisi. Budi sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka.

Rumah Budi di Jalan Pangiu Gaspol, Kelurahan Polewali, digerebek petugas pada Jumat malam. Penggeledahan dilakukan setelah polisi mendapat laporan bahwa tersangka sejak beberapa tahun terakhir telah membuat dan mengedarkan ijazah palsu alias tidak terdaftar di perguruan tinggi ataupun kantor koordinasi perguruan tinggi swasta (kopertis) yang menaungi perguruan tinggi swasta.

Setelah penggeledahan hampir satu jam, polisi menemukan puluhan lembar ijazah yang diduga palsu dengan logo Universitas Al Asyriah Mandar (Unasman). Puluhan lembar ijazah masih kosong, sementara sebagian lainnya sudah ditandatangani serta diberi stempel Unasman, lengkap dengan nama pemilik ijazah tersebut.

Ijazah palsu Unasman itu diduga telah dikeluarkan tersangka dari tahun 2005 hingga tahun 2010 dan telah digunakan sejumlah pegawai untuk mendaftar menjadi calon pegawai negeri sipil dan untuk kenaikan pangkat.

Budi, yang ditanya wartawan saat penggeledahan di rumahnya, membantah bahwa dirinya terlibat pembuatan dan penyediaan ijazah palsu. Menurut dosen agama di Unasman itu, barang yang disita polisi dimiliki oleh rekannya, yang sengaja menyimpan hal itu di rumahnya agar tidak disalahgunakan. Budi justru menuding rekannya sesama dosen yang sudah meninggal beberapa tahun lalu itu sebagai pelakunya.

"Saya membantah kalau disebut membuat ijazah palsu. Namun, saya tidak membantah jika ada oknum dosen yang membuat ijazah palsu," kata Budi.

Kasat Reskrim Polres Polewali Mandar AKP Jeifson Sitorus mengatakan, "Rumah tersangka digeledah petugas setelah sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka dalam sejumlah laporan dugaan membuat ijazah palsu. Puluhan ijazah yang disita hari ini akan kami pelajari dan kembangkan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com