Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Putri Istana" dan "Aura" Tarik Kereta Kencana untuk Selvi

Kompas.com - 11/06/2015, 09:18 WIB
Sabrina Asril

Penulis


SOLO, KOMPAS.com — Pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda akan menjalani acara puncak pernikahannya pada hari ini, Kamis (11/6/2015). Gibran, putra sulung Presiden Joko Widodo, akan mengucapkan ijab kabul di Gedung Graha Saba, Solo, Jawa Tengah.

Ada yang menarik dari persiapan di rumah calon mempelai wanita, Kamis pagi. Sebuah kereta kencana yang ditarik oleh dua ekor kuda sudah bersiap di depan rumah sederhana Putri Solo 2009 itu, yang terletak di Jalan Kutai Raya, Sumber.

Kereta kencana ini tampak dihiasi dengan jenis-jenis bunga, seperti anggrek, chrysan, lili, dan bunga sedap malam. Tak ketinggalan, kedua kuda juga dipercantik dengan hiasan bunga mawar sintetis dan umbul-umbul berwarna kuning dan hijau.

Tampak ada tiga orang petugas yang menjaga kuda itu. Seorang di antaranya ialah Suwardi yang akan bertindak sebagai kusir kereta kencana. Dua orang lainnya ialah Toma Sukardi dan Heru Widodo yang menjaga masing-masing kuda.

Heru menjelaskan bahwa kuda-kuda itu adalah milik Anwar Muhtadi. Kedua kuda betina itu diberi nama Putri Istana dan Aura. Bukan karena akan mengantarkan mantu Presiden Jokowi kuda itu diberikan nama "Putri Istana".

"Ini sudah lama, Mbak. Kuda-kudanya sudah sering dipakai Pak Jokowi saat Wali Kota dan waktu arak-arakan terpilih sebagai Presiden di Jakarta," ujar Heru saat dijumpai di lokasi.

Sebelum dipakai pada hari spesial hari ini, kura-kuda itu dimandikan terlebih dulu dan disisir sehingga bersih dan cantik. Pemilik kuda, Anwar Muhtadi, mengungkapkan, kuda yang dipakai kali ini cukup spesial.

"Masih gadis. Ha-ha-ha," seloroh pria yang sudah kenal Jokowi sejak lama itu.

Anwar menjelaskan bahwa permintaan kereta kuda ini diterimanya sejak beberapa bulan lalu. Dia dihubungi oleh seorang staf pribadi Jokowi.

"Katanya diminta siapkan dua kuda untuk nikahan. Langsung saya siapkan," ujar dia.

Kini, kereta kencana itu tengah siap menanti kedatangan sang calon pengantin wanita. Rencananya, Selvi akan menaiki kereta itu dari rumahnya ke Gedung Graha Saba yang berjarak sekitar 300 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com