Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Lawan Risma, Enam Parpol Jajaki Koalisi Besar

Kompas.com - 22/05/2015, 14:10 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Jelang Pilwali Surabaya, Desember mendatang, enam partai parlemen Surabaya menjajaki terbentuknya koalisi besar. Mereka menggalang kekuatan politik untuk memunculkan pasangan calon yang akan menandingi calon petahana, Tri Rismaharini.

Keenam partai yakni PKB, Golkar, PKS, PAN, Gerindra, dan Partai Demokrat beberapa waktu terakhir bahkan dikabarkan intens menggelar pertemuan untuk merumuskan konsep koalisi dan menyamakan persepsi, misi dan visi.

"Konsep koalisi sudah mendekati final," kata Ketua DPC PKB Surabaya, Syamsul Arifin, Jumat (22/5/2015).

Syamsul tidak mengelak jika koalisi itu untuk menandingi kekuatan PDI-P yang dipastikan akan kembali mengusung Risma dan wakilnya Wisnu Sakti Buana dalam pilwali nanti.

"Karena harus memunculkan calon pasangan, berarti harus koalisi. Karena kursi kami di DPRD belum cukup untuk mengusung calon sendiri," terangnya.

Ketua Tim Penjaringan Bacawali dan Bacawawali Partai Gerindra Surabaya, AH Toni menambahkan, pasangan calon selain melalui seleksi dari masing-masing partai, juga akan melalui seleksi di tingkatan partai koalisi.

"Ini agar ada kesepakatan siapa calon yang akan diusung nanti," terangnya.

Dia mengaku tidak mudah menyatukan persepsi dan pandangan politik masing-masing partai dalam koalisi yang dibangun tersebut, apalagi birokrasi partai yang harus dilalui dari tingkat provinsi hingga pusat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com