Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"May Day", SPN Bogor Akan Kerahkan 1.000 Buruh ke Jakarta

Kompas.com - 30/04/2015, 16:17 WIB
Kontributor Bogor, Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Ketua Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Bogor, Nadi Harza menyatakan, sebanyak 1.000 anggota SPN akan dikerahkan menuju Jakarta untuk memperingati Hari Buruh Internasional pada 1 Mei 2015, Jumat (1/5/2015) besok.

Peringatan Hari Buruh atau May Day tahun ini, kata Nadi, menjadi momentum bagi buruh-buruh di Indonesia untuk menyuarakan aspirasinya. Ia menambahkan, untuk besok, ada sejumlah tuntutan dan aspirasi yang ingin disampaikan para buruh. Namun, ada tiga poin penting yang menjadi fokus utama dalam aksi itu, yaitu soal BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, serta upah minimum para buruh.

"Kita lihat, persoalan-persoalan tiga poin yang saya sampaikan itu. Sampai sekarang belum terlaksana dengan baik. Justru malah membuat para buruh semakin sulit. Contohnya, program BPJS Kesehatan yang belum maksimal, dana pensiun BPJS Ketenagakerjaan yang tidak rata, serta upah minimum yang tidak sesuai," ucap Nadi saat dihubungi, Kamis (30/4/2015).

Dia juga memperingatkan kepada seluruh perusahaan atau pabrik-pabrik agar memberikan hak libur untuk buruh. Karena pada tanggal 1 Mei, pemerintah sudah menetapkan menjadi hari libur nasional.

“Kami ingatkan agar pengusaha untuk meliburkan para pekerja. Bila ada perusahaan yang masih memperkerjakan di tanggal merah peringatan hari buruh, kami akan sweeping,” katanya.

Sementara itu, Kepala Polres Bogor AKBP Suyudi Ario Seto menghimbau kepada seluruh buruh di Kabupaten Bogor agar tidak melakukan sweeping ke pabrik-pabrik saat aksi Hari Buruh Internasional, besok. Untuk mengawal kegiatan May Day, lanjut Suyudi, Polres Bogor sudah mempersiapkan pengamanan.

"Kami sudah berkomunikasi dengan kawan-kawan buruh agar kegiatan besok berjalan tertib dan tidak ada tindakan sweeping dan kekerasan," ujar Suyudi seusai acara serah terima jabatan menjadi kapolres Bogor di Mapolres Bogor.

Untuk memecah konsentrasi massa ke Jakarta, Polres Bogor juga bekerja sama dengan para perwakilan buruh mengadakan sejumlah rangkaian acara.

"Besok, ada sejumlah acara dalam memperingati hari buruh, seperti donor darah, kegiatan sosial lainnya, serta panggung hiburan. Kami berharap, dengan acara tersebut pergerakan kawan-kawan buruh tidak semuanya datang ke Jakarta," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com