Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 980 Sekolah di Aceh, Cuma 3 yang Gelar UN dengan CBT

Kompas.com - 13/04/2015, 13:57 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Provinsi Aceh menyatakan hanya tiga sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional berbasis komputer atau computer based test (CBT), sedangkan sekolah lainnya dinyatakan belum siap untuk mengikutinya.

Ketiga sekolah yang akan mengikuti UN berbasis komputer tersebut adalah SMK Negeri 1 Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil dengan jumlah peserta UN 81 orang, SMK Negeri 1 Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat dengan peserta 168 orang, dan SMA Negeri 4 Wirabangsa Kabupaten Aceh Barat dengan jumlah peserta 90 orang.

“Dari 980 sekolah SMA sederajat yang akan menggelar UN di Aceh, hanya tiga sekolah SMK dan SMA yang siap melaksanakan UN berbasis komputer dengan jumlah peserta 339 orang,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Aceh Hasanuddin Darjo, Senin (13/4/2015).

Menurut Hasanuddin Darjo, khusus untuk UN berbasis komputer tersebut, sekolah-sekolah ini sudah sangat siap dan bisa melaksanakan UN berbasis CBT. Untuk jenjang SMA/SMK, UN CBT ini akan berlangsung pada 13 April hingga 21 April 2015.

Sementara untuk UN konvensional digelar pada 13 sampai 16 April 2015. Adapun tujuan penerapan sistem komputerisasi untuk memperbaiki kualitas UN yang selama ini menggunakan kertas. Bila dibanding dengan pengerjaan UN dengan lembar kertas, UN dengan komputer jauh lebih baik dan mencegah kecurangan saat pengerjaannya.

“Sistem ini akan dikembangkan ke depan supaya UN itu integritasnya lebih terjaga, karena ujian antara satu siswa dengan yang lainnya itu soalnya berbeda, mengerjakannya juga berbeda, diselenggarakannya dalam waktu berbeda-beda. Kalau pakai kertas kan harus diselenggarakan dalam waktu yang sama, jenis soalnya juga harus multiple choice,” kata Darjo.

Ujian berbasis komputer berbeda dengan UN Online. Pengerjaannya tidak terkoneksi dengan jaringan internet saat ujian berlangsung. Namun, setelah soal selesai dikerjakan, maka hasilnya akan dikirim dengan menggunakan jaringan server. “Jadi UN bukan ujian online ya, kalau ini datanya berbasis komputer,” ujar dia.

Sementara itu jumlah peserta UN tingkat SMA/sederajat di Aceh pada tahun 2015 sebanyak 72.789 orang di 23 kabupaten/kota di Aceh. Peserta UN SMA/sederajat tersebut terdiri atas SMA/MA 56.872 orang, SMALB 55 orang, SMK 11.971 orang, dan UN Kesetaraan Paket C 3.891 orang. Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional, terpantau lancar dan diharapkan agar seluruh peserta didik mampu menyelesaikan soal ujian dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com