Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sakit, Tiga ABK Korban Perbudakan Dilarikan ke Rumah Sakit

Kompas.com - 07/04/2015, 13:38 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com - Sebanyak tiga anak buah kapal (ABK) asal Myanmar yang sementara ditampung di ruang penampungan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tual dilarikan ke RSUD Langgur, Maluku Tenggara, karena sakit.

Ketiga ABK tersebut harus dirawat intensif di RSUD Langgur, karena daya tahan tubuh ketiga ABK ini melemah.

“Ada tiga ABK asal Myanmar yang barusan dibawa ke RSUD Langgur untuk menjalani perawatan medis karena kondisi kesehatan mereka sangat parah,” kata Kepala Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Tual, Mukhtar, via telepon seluler, Selasa (7/4/2015).

Dia menjelaskan, ketiga ABK asal Myanmar tersebut menderita sakit dan harus dilarikan ke RSUD Langgur lantaran selama ini mereka tertekan dengan sistem penyiksaan yang dihadapi di Benjina, Kepulauan Aru.

Menurut dia, dari informasi yang didapat, ketiga ABK asal Myanmar yang belum diketahui identitasnya itu menderita penyakit pada usus dan saluran kencing.

“Mereka menderita penyakit pada usus dan saluran kencing. Bisa jadi karena mereka juga selama ini terintimidasi,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com