Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terima Pesan Berantai via BBM soal Begal, Warga Bogor Resah

Kompas.com - 27/02/2015, 19:02 WIB
Kontributor Bogor, Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com — Di tengah situasi saat ini yang rawan tindak kriminalitas kawanan para begal motor di sejumlah daerah, kini muncul pesan lewat broadcast Blackberry Messengger (BBM) yang berisi informasi soal lokasi rawan begal di Bogor. Berikut isi pesan berantai yang membuat warga Bogor akhir-akhir ini resah.

"Info Dari Kapolsek Bogor : Begal sudah mulai merambat ke wilayah bogor.. wilayah rawan begal : 1. perumahan Rancamaya arah wr.nangka & arah cipaku 2. ciapus dari lapangan Sakura sampai arah curug nangka. 3. Cimahpar arah jalan menuju Rainbow gadog. 4. Cipaku arah ciranjang,cihideung dan alternatif cigimbong. 5. BNR ( Bogor Nirwana Residence ) 6. Pasir Muncang ( Jalur alternatif Puncak ). berhati - hatilah saat melintasi wilayah ini pada malam hari & pacu kendaraan anda saat melintas wilayah sepi. Jangan berpakaian mewah - Jangan bermain hp saat mengendarai - apabila ada kendaraan di belakang anda yg mencurigakan segeralah pacu kendaraan anda. tolong sebarkan broadcast ini agar pengendara lain selalu berhati" saat berkendara motor pd mlm hari. terima kasih"

Risma Fardilah (24), warga Ciapus, mengaku merasa takut setelah menerima pesan itu. Ia khawatir untuk berpergian keluar rumah, apalagi jika pulang kerja pada malam hari.

"Pas saya terima pesan itu, perasaan saya jadi cemas dan takut. Saya kan pulang kerja malam hari, khawatir kalau ada apa-apa di jalan," ucapnya.

Risma pun berharap agar isi pesan itu bisa segera ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian sehingga tak membuat warga Bogor berlarut-larut dalam ketakutan.

"Saya harap polisi bisa mencegah dan mengamankan situasi di jalan, terutama di daerah-daerah yang rawan kriminalitas," katanya.

Menanggapi hal itu, Kepala Polres Bogor AKBP Sonny Mulvianto Utomo mengimbau kepada masyarakat agar tidak terlalu panik menanggapi isi pesan berantai melalui BBM. Ia menegaskan, tidak ada gerombolan begal di wilayah Bogor.

"Intinya, masyarakat jangan terpancing oleh isu-isu atau pesan yang tidak bertanggung jawab," ujar Sonny, Jumat (27/2/2015).

Sonny pun meminta kepada masyarakat agar berkendara dengan waspada. Usahakan untuk tidak berkendara sendirian. Bila berkendara sendirian, warga diharapkan memberi tahu rute yang akan dilalui kepada keluarga, selanjutnya menyimpan nomor kontak kantor polisi terdekat.

"Untuk mengantisipasi, kami juga telah melakukan patroli di sejumlah titik yang dianggap rawan, seperti Cibinong, Gunung Putri, Parung, Ciawi, dan Dramaga," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com