Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan "Speedboat" di Sungai Mahakam, Lima Orang Hilang

Kompas.com - 19/01/2015, 13:05 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis


SAMARINDA, KOMPAS.com - Kecelakaan speedboat terjadi di Sungai Hulu Mahakam, tepatnya di Riam Ritoam, Lubang Kubang, Kecamatan Long Apari, Perbatasan Indonesia-Malaysia, Minggu (18/1/2015) sekitar pukul 13.00 Wita.

Akibatnya, lima orang dinyatakan hilang, salah satunya adalah seorang turis asing. Masing-masing korban hilang adalah Tomi Lihang (9), Marselinur Yosep Juk (7), Aron Jerlando (1), seorang turis perempuan dan pemandu wisata berjenis kelamin laki-laki.

Kepala Adat Besar Long Apari Yustinus Ibo, mengatakan, kecelakaan tersebut diakibatkan arus sungai di hulu Mahakam yang sangat deras. Riam ritoam disebut sebagai tempat langganan terjadinya kecelakaan.

"Kami sebenarnya sama-sama, cuma saya singgah di salah satu kedai pinggir sungai. Pas kami melanjutkan perjalanan, ternyata speed yang bertuliskan 'Wendi' mengalami kecelakaan," katanya.

Yustinus mengatakan, speedboat Wendi tersebut memulai rute dari Kutai Barat menuju Long Bagun dan selanjutnya menuju Long Apari. Namun kondisi air yang terlalu deras ditambah kemampuan speedboat yang tidak sesuai dengan kondisi perjalanan membuatnya mengalami kecelakaan.

Para korban rata-rata adalah anak-anak karena mereka tidak bisa berenang. Karena arus yang deras, kelima korban langsung terbawa dan hilang.

"Kami lakukan pencarian, semua warga Long Apari ikut membantu, saat ini kami sangat membutuhkan bantuan Tim Sar," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com