Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Terhalang Ombak, Ekor AirAsia Akhirnya Bisa Diangkat ke Kapal

Kompas.com - 10/01/2015, 14:46 WIB

PANGKALAN BUN, KOMPAS.com —
Sempat terhalang ombak setinggi 3-4 meter, bagian ekor pesawat AirAsia QZ8501 akhirnya bisa ditarik dan diangkat ke kapal Crest Onyx di Selat Karimata. 

Bagian ekor tersebut kemudian langsung dibawa ke Pangkalan Bun untuk diperiksa lebih lanjut.

Kapal Crest Onyx milik SKK Migas digunakan dalam misi ini karena dilengkapi derek yang bisa mengangkat beban hingga 50 ton. Kapal ini juga memiliki dek terbuka yang luas sehingga mampu menampung bagian ekor pesawat.

Proses pengangkatan ekor pesawat dari dasar laut dilakukan sejak Sabtu (10/1/2015) pagi menggunakan balon atau floating bag yang diikatkan ke bagian ekor. 

Setelah ekor pesawat terangkat permukaan, derek diturunkan untuk membantu menarik ekor pesawat.

Temuan ekor pesawat merupakan hasil pencarian signifikan sejauh ini selain temuan puing-puing pesawat dan jasad korban. Target selanjutnya setelah ekor diangkat adalah memeriksa lebih rinci apakah terdapat black box yang biasanya berada di dekat ekor.

Proses pengangkatan ekor AirAsia QZ8501, Sabtu, disiarkan langsung secara eksklusif di KompasTV dan live streaming di Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com