Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Razia Pengemis, Pengamen, sampai PSK, Pemkot Bandung Habiskan Rp 250 Juta

Kompas.com - 01/12/2014, 13:08 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Mulai hari ini, Senin (1/12/2014), Pemerintah Kota Bandung bekerja sama dengan TNI, Kepolisian, Satpol PP, dan Linmas untuk menggelar razia penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di 15 titik di Kota Bandung selama sebulan. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, Pemkot Bandung telah menggelontorkan uang sebesar Rp 250 juta untuk membiayai operasional razia tersebut.

"Anggarannya Rp 250 juta untuk sebulan," kata pria yang akrab disapa Emil ini saat ditemui di Balaikota Bandung, Senin pagi.

Emil berharap, kegiatan penertiban PMKS dengan target sasaran gelandangan pengemis (gepeng), pengamen, anak jalanan, serta PSK ini tidak melempem ketika masuk awal tahun. Jika hasilnya positif, maka bisa meningkatkan keamanan dari gangguan PMKS. Bukan tidak mungkin, lanjutnya, program ketertiban tersebut dibuat permanen setiap bulan.

"Di tahun depan harus jadi program permanen. Kenapa tidak kalau dibutuhkan cara seperti ini (razia) untuk membuat Bandung lebih aman dan nyaman," ujarnya.

Jika memang akan digelar rutin, kata Emil, dana yang disiapkan tidak akan berubah setiap bulannya dengan mengandalkan dana APBD.

"Kalau memang diperlukan, kita lobi untuk membuat Bandung nyaman. Jangan hanya berhenti sampai Desember saja. Kalau memang segitu (Rp 250 juta), dikalikan saja 12 bulan," ucapnya.

"Harapannya ya tidak ada komplain lagi dari warga yang melaporkan ketidaknyamanan di perlintasan jalan. Dengan sistem baru ini diharapkan lebih disiplin," tandasnya kemudian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com