Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penegerian Unimor Diresmikan di Pangkalan TNI AL Surabaya

Kompas.com - 06/10/2014, 18:03 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Setelah menunggu selama empat tahun lamanya, Universitas Timor (Unimor) Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), akhirnya resmi menjadi perguruan tinggi negeri.

Acara peresmian penegerian Unimor ini berlangsung di pangkalan Angkatan Laut, Surabaya, Jawa Timur, oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono serta sejumlah menteri dan petinggi TNI, Senin (6/10/2014).

Hadir dalam acara itu, Rektor Unimor Dr Sirilus Seran MS, Bupati Timor Tengah Utara (TTU) Raymundus Sau Fernandes, Ketua DPRD TTU Hendrikus Frengky Saunoah dan sejumlah pejabat Unimor.

Rektor Unimor, Dr Sirilus Seran MS saat dihubungi Kompas.com dari Kefamenanu Senin sore mengatakan, pihaknya menyambut gembira perubahan status Unimor tersebut karena sudah diperjuangkan sejak tahun 2010 lalu.

“Perjuangan menjadi negeri cukup lama sehingga kami senang sekali karena hari ini karena sudah tuntas semua. Selanjutnya, kita akan membenahi semuanya, sesuai dengan ketentuan universitas negeri dan juga penataan kelembagaan,” beber Sirilus.

Menurut Sirilus, kendati sudah dinegerikan, namun tidak serta merta semua aset Unimor teregistrasi di Departemen Keuangan karena bertepatan dengan akhir tahun (2014) sehingga harus menunggu tahun 2015 mendatang.

"Kita harapkan secepatnya pada 2015 mendatang semuanya sudah beres dan kita sudah menjadi satuan kerja sendiri yang tentunya sudah masuk dalam pos APBN untuk operasional dan infrastruktur lainnya,” kata Sirilus.

Dengan penegerian Unimor ini, kata Sirilus, ia berharap kualitas infrastruktur dan sumber daya manusia perguruan tinggi tersebut meningkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com