Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari, Pedagang Hewan Kurban Raup Laba Rp 5 Juta

Kompas.com - 02/10/2014, 12:38 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Hari Raya Idul Adha yang selalu identik dengan hewan kurban membawa berkah tersendiri bagi pedagang hewan kurban, termasuk pedagang musiman di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Bulaman, salah seorang pedagang hewan kambing musiman di Jember misalnya. Dia mengaku sudah bertahun-tahun menjadi penjual kambing musiman, terutama di saat menjelang hari rayat Idul Adha.

Alhamdulillah, kalau hari-hari seperti ini pasti selalu rame pembelinya,” kata dia, Kamis (2/10/2014).

Dalam sehari, kata Bulaman, dia mampu menjual antara 30-40 ekor kambing. “Kalau harganya tergantung besar tidaknya kambing yang akan dibeli, tetapi harganya antara Rp 1,5 juta- Rp 3 juta,” ungkap dia.

Jika dibuat rata-rata, dalam sehari Bulaman bisa mengantongi keuntungan Rp 5 juta. “Alhamdulillah, bisa buat nambah penghasilan keluarga. Ya gitu tapi, kalau hari bisa enggak sampek segitu, jauh sekali,” ungkap dia.

Hal senada disampaikan pedagang hewan kurban lainnya, Sucipto. Menurut dia, hampir bisa dipastikan, saat menjelang Hari Raya Kurban, kambing dagangannya laris terjual. “Ini saja sudah ada 15 ekor yang terjual,” ungkap dia.

Di hari biasa, Sucipto mengaku, hanya mampu menjual paling banyak lima ekor sehari. “Itu pun pas rame, tetapi kalau pas sepi yang tidak ada pembeli sama sekali. Tetapi kalau sekarang, ya dalam sehari paling tidak ada 20 kambing yang terjual,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com