Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentrok Antar-Mahasiswa Malah Jadi Bentrok Mahasiswa dan Polisi

Kompas.com - 04/09/2014, 04:01 WIB
Kontributor Singkawang, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Bentrokan yang semula merupakan perkelahian antara mahasiswa dari dua fakultas di Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (3/9/2014) malam, berubah menjadi bentrokan antara mahasiswa dan polisi. Empat polisi terluka.

Insiden ini semula merupakan perkelahian antara mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) dengan Fakultas Hukum di kampus tersebut yang dipicu persoalan terkait penyelenggaraan orientasi pengenalan kampus. Perkelahian terjadi sekitar pukul 19.00 Wita.

Adapun perkelahian mahasiswa dengan polisi berawal dari upaya polisi membubarkan perkelahian tersebut. Namun, upaya polisi itu mendapatkan perlawanan dari para mahasiswa itu. Tembakan peringatan pun beberapa kali dilepaskan polisi.

Tembakan peringatan tersebut dibalas para mahasiswa dengan lemparan batu dan kayu. Setidaknya 4 polisi dilarikan ke rumah sakit karena terkena lemparan. Belum ada informasi ada atau tidaknya mahasiswa terluka dalam bentrok panjang tersebut.

"Anggota yang terkena lemparan batu yaitu Kasat Dalmas mengalami luka di kepala dengan 5 jahitan, dua orang anggota Sabhara Polresta mengalami luka dibagian kepala dan dada, serta satu orang intel dari Polresta mengalami luka dikepala dan mendapat 9 jahitan" kata Kapolda Kalimantan Barat, Brigjen Arief Sulistiyanto, Kamis (4/9/2014) dini hari.

Hingga tengah malam, digelar upaya mediasi dengan mempertemukan para mahasiswa yang bertikai. Mediasi berlangsung dengan pengamanan ketat dari kepolisian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com