Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Rp 2 Miliar Uang NKRI Diedarkan di Maluku

Kompas.com - 22/08/2014, 11:14 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Setelah mendapatkan kiriman uang pecahan Rp 100.000 terbaru dengan tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), emisi 2014 dari Bank Indonesia, hingga kini Kantor BI wilayah Maluku telah mengedarkan lebih dari Rp 2 miliar uang NKRI tersebut ke masyarakat.

Deputi Kepala Perwakilan BI Kantor Perwakilan Wilayah Maluku Irchamni di Ambon, Jumat (22/8/2014) mengaku menerima kiriman uang NKRI senilai Rp 60 miliar dari Bank Indonesia.

“Tahap pertama kita edarkan Rp 137 juta ke masyarakat di Ambon, setelah itu pada tahap kedua Bank Indonesia wilayah Maluku kembali mendistribusikan uang NKRI senilai Rp 600 juta ke msyarakat dan perbankan di Ambon,” ungkap dia.

Selain itu, BI Ambon juga telah mengedarkan uang NKRI senilai Rp 300 juta kepada masyarakat yang datang melakukan penukaran di kantor Bank Indonesia. ”Hari Selasa (19/8/2014) kemarin kita juga mengedarkan uang NKRI senilai Rp 300 juta bagi warga yang datang ke sini,” ujarnya.

Menurut Irchamni, BI Ambon dalam waktu dekat juga akan mengedarkan uang tersebut ke masyarakat di Maluku. Selain itu, BI juga akan melakukan sosialisasi terkait peredaran uang NKRI ini ke masyarakat.

“Kita juga telah mengedarkan uang NKRI ini melalui kas keliling ke Pulau Saparua Kabupaten Maluku Tengah. Dan dalam waktu dekat kita akan edarkan lagi ke masyarakat, termasuk melakukan sosialisasi secara bertahap,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com