Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Rumah Ini, Bendera Merah Putih Berkibar Terbalik

Kompas.com - 15/08/2014, 11:17 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com — Hari Ulang Tahun Ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, diperingati warga dengan memasang bendera Merah Putih di depan rumah masing-masing.

Namun, di sebuah rumah di kota itu, sudah dua hari terakhir sang saka Merah Putih dikibarkan terbalik. Rumah itu berada di Jalan Pettana Rajeng, Kelurahan Ujung Sabbang, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Pemandangan itu masih terlihat pada Jumat (15/8/2014). Seorang polisi yang melintas di depan rumah itu, Aiptu Nyoman Suardi, terlihat geram. Suardi bersama sejumlah warga menurunkan dan memasang bendera dengan benar.

Bendera itu dikibarkan pada sebuah tiang bambu setinggi kira-kira lima meter. "Ini sudah sangat menghina bangsa ini. Betapa tidak, para pejuang mengusir penjajah dengan mengorbankan nyawa, ini malah tidak menghargai jasa para pahlawan kita," kata Suardi, anggota Polres Parepare, seusai memasang bendera itu.

Rumah tersebut berada di depan kantor dinas pendidikan. Namun, pintu dan jendela rumah itu tertutup rapat. Menurut Lurah Ujung Sabbang, Aswin, rumah itu dihuni oleh warga yang bernama Babang. Babang dikenal sebagai seorang pemabuk, gemar mengonsumsi minuman keras.

Aswin menduga, saat memasang bendera itu, Babang tengah dalam pengaruh minuman keras. Selanjutnya, Aswin berencana memberikan teguran kepada Babang karena perbuatannya itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com